Jakarta (ANTARA) - Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Minggu (16/6) malam secara resmi merilis atlet yang disiapkan untuk SEA Games 2019 Manila, Filipina, dan nama yang muncul rata-rata pemain senior.

Berdasarkan data yang ada, delapan atlet yang terdiri empat putra dan empat putri bakal menjalani pemusatan latihan nasional (pelatnas) di Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto Sentul, Bogor mulai Senin sebelum mereka berlaga pada 30 November hingga 10 Desember mendatang.

Untuk putra ada nama Ade Chandra Rachmawan (DIY), M. Ashfiya (Jatim), Gilang Ramadhan (DIY), Danangsyah Yudistira Pribadi (NTB) di bagian putra. Sedangkan di bagian putri terdiri dari Dhita Juliana (NTB), Putu Dini Jasita Utami (NTB), Desi Ratnasari (NTB), Yokebed Purari Eka (DIY).

"Mereka adalah atlet kita yang turun di Asian Games 2018. Dari kedelapan atlet itu enam di antaranya peraih medali," kata Ketua Seksi Voli Pantai PP. PBVSI Slamet Mulyanto dalam keterangan resminya.

Dengan mengandalkan pemain berpengalaman, bisa dipastikan mereka harus mampu membawa pulang medali emas kejuaraan dua tahunan itu seperti yang disampaikan oleh Ketua umum PP. PBVSI, Imam Sudjarwo

Selain meresmikan pelatnas voli pantai SEA Games, PP. PBVSI juga melakukan seleksi atlet junior yang akan dijadikan pelapis tim senior di pelatnas SEA Games 2019. Sebanyak sepuluh atlet putra dan delapan putri mengikuti seleksi yang diadakan di Padepokan Voli Sentul, Bogor, 11-16 Juni.

Dari hasil seleksi tersebut, terpilih empat atlet putra Yosi Ariel Firmanda (Jatim), Bintang Akbar (Jatim), Ilham Akbar (DIY), Ilham Cahya (DIY). Sedangkan untuk putri antara lain Nur Atika Sari (Jatim), Della Novita Sari (Jateng), Allysa Mutakharah (NTB), Francisca Geofana Ayu Arintha (DIY).

Slamet menjelaskan, atlet junior diharapkan bisa menjadi pelapis seniornya. "Kalau mereka tampil bagus, para atlet junior ini bisa menjadi pemain inti. Setidaknya, mereka ikut seleksi dalam Pelatnas empat bulan," kata Slamet menambahkan.

Pelatnas voli pantai ini akan didampingi pelatih Koko Prasetyo Darkuncoro (DIY) dan asistennya Dian Putra Santosa (DIY) untuk tim putra. Sedangkan pelatih tim putri dipercayakan kepada Agus Salim (NTB) dan asisten M. Fauzi Setiawan (Jateng).

Baca juga: Menpora minta atlet tenis junior persiapkan diri hadapi SEA Games 2019

Baca juga: Persiapan SEA Games, tim wushu Filipina berlatih di China

Baca juga: 43 venue disiapkan untuk SEA Games 2019

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019