Jakarta (ANTARA) - Pelatih kepala Toronto Raptors Nick Nurse yang baru saja berhasil menjuarai NBA di ambang pekerjaan baru untuk memimpin tim nasional bola basket putra Kanada di Piala Dunia FIBA 2019 di China.

Dilansir oleh Reuters pada Senin WIB, Nurse mengaku bahwa ia dan federasi bola basket Kanada "telah mencapai kesepakatan".

"Saya siap untuk menghadapi situasi lain dalam waktu dekat dan itu akan membuat saya menjadi pelatih yang lebih baik," kata Nurse.

Nurse sebelumnya juga sempat menjadi asisten pelatih di timnas Britania Raya dalam Olimpiade 2012 di London.

Kemungkinan kontraknya di Kanada akan berlanjut hingga Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang.

"Saya belajar banyak sebagai pelatih di sana (Britania Raya) dan saya harap pengalaman ini bakal memberi pelajaran serupa," katanya.

"Linimasanya cukup unik sebab Piala Dunia FIBA dan Olimpiade hanya berjarak sekira 13-14 bulan. Dan jika cokok, mungkin saya cuma mengorbankan sedikit waktu liburan," ujar Nurse melengkapi.

Baca juga: Raptors menangi gim keenam untuk amankan gelar juara NBA

Baca juga: Masai Ujiri dan hadiah mewah perjudian berani


Kanada berada di Grup H Piala Dunia FIBA 2019 bersama Kanada, Lithuania dan Senegal. Mereka memulai kiprah mereka pada 1 September melawan Australia.

Mereka juga dijadwalkan melakoni sejumlah laga pemanasan menjamu Nigeria pada 9 Agustus mendatang di Winnipeg, sebelum bertandang ke Australia untuk dua pertandingan persahabatan lain di Perth pada 16-17 Agustus.

Sejumlah pemain NBA kemungkinan akan memperkuat Kanada di Piala Dunia FIBA seperti Andrew Wiggins (Minnesota Timberwolves), Jamal Murray (Denver Nuggets), Kelly Olynyk (Miami Heat), Dwight Powell (Dallas Mavericks) dan Tristan Thompson (Cleveland Cavaliers), serta pemain Universitas Duke yang diproyeksi jadi pilihan top NBA Draft 2019, R.J. Barrett.

Baca juga: Donovan Mitchell, Kyle Kuzma berpeluang debut bela AS di Piala Dunia

Baca juga: Serbia umumkan "roster" awal untuk Piala Dunia Basket

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2019