counter

Piala Afrika

Salah perkuat Mesir saat kalahkan Guinea dalam pemanasan Piala Afrika

Salah perkuat Mesir saat kalahkan Guinea dalam pemanasan Piala Afrika

Soccer Football - Africa Cup of Nations Draw - The Great Pyramids, Giza, on the outskirts of Cairo, Egypt - April 12, 2019 Yaya Toure draws Morocco during the draw REUTERS/Amr Abdallah Dalsh (REUTERS/AMR ABDALLAH DALSH)

Jakarta (ANTARA) - Bintang sepak bola Mesir Mohamed Salah memulai pertandingan dari bangku cadangan, namun tidak mencetak gol saat tuan rumah Piala Afrika 2019 itu mengalahkan sesama tim yang lolos Guinea 3-1 dalam pertandingan pemanasan, Minggu.

Dikutip dari AFP, Senin, Marwan Mohsen memberi tim Pharaohs keunggulan lebih dulu di Alexandria yang kemudian dimentahkan oleh Sory Kaba pada pertengahan babak kedua.

Ahmed Ali, yang dipanggil kembali untuk bermain di Piala Afrika setelah lama absen dari tim nasional, kembali menempatkan Mesir memimpin dan Omar Gaber mencetak gol menjelang bubaran yang memastikan kemenangan.

Ini adalah pertandingan pemanasan kedua bagi Mesir yang sebelumnya mengalahkan tim yang juga lolos ke Piala Afrika, Tanzania 1-0 tiga hari yang lalu di stadion yang sama.

Baca juga: Pemanasan Piala Afrika, Tanpa Salah Mesir atasi Tanzania

Mesir berada di Grup A bersama Republik Demokratik Kongo, Uganda dan Zimbabwe untuk turnamen yang berlangsung 21 Juni -19 Juli, dan mereka berusaha memperpanjang rekor delapan gelar Piala Afrika.

Sementara Mesir berhasil meraih kemenangan beruntun, Maroko yang menjadi pesaing dalam meraih gelar menderita kekalahan kandang kedua berturut-turut ketika mereka kalah 2-3 dari tim yang tidak lolos Zambia.

Bintang Ajax Amsterdam Hakim Ziyech menyamakan kedudukan dua kali bagi tim yang dianggap salah satu ancaman terbesar bagi tim yang difavoritkan meraih gelar, Mesir, namun Enock Mwepu menyarangkan gol kemenangan pada menit ke-75.

Maroko yang kalah dari Gambia pada Rabu lalu, dipimpin oleh pelatih asal Prancis Herve Renard, satu-satunya pelatih yang memenangi Piala Afrika bersama negara-negara yang berbeda.

Ia membawa Zambia meraih gelar pada 2012 dan mengulanginya lagi tiga tahun kemudian bersama Pantai Gading.

Bintang Everton Idrissa Gueye mencetak gol pada babak pertama yang membawa Senegal meraih kemenangan 1-0 atas Nigeria dalam pertandingan tertutup di Ismailia, salah satu venue untuk Piala Afrika.

Nigeria yang tiga kali juara dan tim yang pernah menjadi runner-up Senegal diperkirakan akan melaju jauh pada Piala Afrika pertama yang diikuti 24 tim, bertambah dari 16 dua tahun lalu di Gabon.

Andy Delort, yang dipanggil belakangan oleh Aljazair setelah dicoretnya Haris Belkebla karena memamerkan bagian belakang tubuhnya secara online, mencetak gol kemenangan dalam pertandingan mendebarkan melawan Mali yang berakhir dengan skor 3-2 di Doha.

Mali dua kali memimpin sebelum Delort menyarangkan bola sembilan menit menjelang pertandingan berakhir bagi Aljazair, yang satu-satunya gelar Piala Afrika diperolehnya di kandang sendiri 29 tahun lalu.

Pertandingan ini juga dimainkan tertutup saat para pelatih memberi sentuhan akhir pada persiapan turnamen yang akan dimulai Jumat ini dengan pertandingan antara Mesir dan Zimbabwe.

Zimbabwe unggul saat jeda pertandingan melalui gol Knox Mutizwa dan Mbwana Samatta menyamakan kedudukan bagi Tanzania dalam pertandingan yang berakhir imbang 1-1 antara kedua tim yang lolos itu di Kairo.

Baca juga: Piala Afrika 2019 digelar mulai Juni, ini fase grupnya
Baca juga: Gabon tidak lolos, Aubameyang absen pada Piala Afrika

Kepulangan Dua Mahasiswa Mesir Asal Sumbar

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar