counter

Angkasa Pura I layani 3,7 juta penumpang saat liburan Lebaran

Angkasa Pura I layani 3,7 juta penumpang saat liburan Lebaran

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi. (ANTARA/Ahmad Wijaya)

Jakarta (ANTARA) - PT Angkasa Pura I (Persero) sukses mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2019 dan perwujudan nol kecelakaan dengan jumlah trafik penumpang sebanyak 3,7 juta penumpang selama periode liburan Lebaran 2019 sejak 29 Mei (H-7) hingga 13 Juni (H+7) 2019.

Dalam periode tersebut, AP I menangani trafik pesawat sebanyak 30.576 pergerakan, dan 12.200 ton kargo di 14 bandara.

"Perseroan senantiasa mengutamakan pelayanan yang optimal demi kelancaran dan kenyamanan arus mudik Lebaran 2019 ini. Selain itu, perseroan turut memfasilitasi pemudik melalui program mudik gratis menggunakan moda transportasi lain, seperti bus dan kapal laut," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin.

Sebagai informasi, trafik penumpang tertinggi sejak H-7 hingga H+7 terjadi di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali dengan total trafik penumpang mencapai 1,10 juta orang. Trafik tertinggi kedua terjadi di Bandara Juanda Surabaya dengan trafik mencapai 774.138 orang, dan trafik tertinggi ketiga di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar sebanyak 480.791 orang.

Total trafik arus mudik tertinggi di 14 bandara Angkasa Pura I terjadi pada 1 Juni (H-4) dengan total pergerakan penumpang sebanyak 261.568 orang. Sedangkan trafik arus balik tertinggi terjadi pada 9 Juni (H+3) dengan total pergerakan penumpang sebanyak 292.759 orang.

Sementara itu, tingkat ketepatan waktu pesawat (OTP) di 14 bandara Angkasa Pura I selama periode ini mencapai 76 persen, di mana OTP tertinggi terjadi di Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo (YIA) dan Bandara Adi Soemarmo Solo dengan capaian 87 persen, diikuti oleh Bandara Jenderal Ahmad Yani (SRG) dengan capaian 86 persen, dan Bandara El Tari Kupang dengan capaian 85 persen.

Pada periode ini juga, Angkasa Pura I telah melayani penerbangan tambahan (extra flight) sebanyak 710 penerbangan tambahan di mana Bandara Juanda Surabaya melayani penerbangan tambahan terbanyak yaitu sebesar 195 penerbangan.

Diikuti oleh Bandara Adisutjipto Yogyakarta sebanyak 130 penerbangan tambahan dan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali sebanyak 122 penerbangan tambahan.

Pada Ramadan dan masa angkutan udara Lebaran 2019 ini, Angkasa Pura I melakukan berbagai upaya peningkatan pelayanan di 14 bandara.

Di antaranya dengan pembagian takjil gratis di bandara, pertunjukan musik di beberapa bandara, serta nursery room, tempat bermain anak-anak yang dapat digunakan penumpang yang membawa anak-anak saat menunggu penerbangan.

Angkasa Pura I mengelola 14 bandara, yaitu Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Bandara Frans Kaisiepo Biak, Bandara Sam Ratulangi Manado, dan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin.

Juga Bandara Ahmad Yani Semarang, Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo, Bandara Adi Soemarmo Surakarta, Bandara Internasional Lombok Praya, Bandara Pattimura Ambon, dan Bandara El Tari Kupang.

Baca juga: Angkasa Pura I akan hadirkan lagi layanan penerbangan Kupang-Darwin

Baca juga: Angkasa Pura Ambon fasilitasi pelatihan pemandu wisata

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

AP I buka kerja sama Mitra Usaha Bandara

Komentar