Dapat saja penyanyi jalanan ini nantinya "manggung" di luar negeri seperti di Belanda, Jerman maupun Inggris
Tangerang (ANTARA) - TNI-AD menggelar festival musik jalanan yang diikuti sekitar 30 peserta perorangan dan kelompok di sebuah pusat perbelanjaan di kawasan Serpong, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten.

Asisten Teritorial (Aster) Kasad, Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari di Tangerang, Senin mengatakan kegiatan itu merupakan salah satu bagian dari manunggal TNI dengan rakyat.

"Tujuannya adalah agar dapat menumbuhkan kegiatan ekonomi kreatif dan budaya sehingga dapat menggali potensi seni yang ada pada masyarakat," katanya.

Ia menjelaskan bahwa peserta lomba dalam festival tersebut diharuskan menampilkan dua lagu masing-masing dengan durasi lima menit, pertama lagu bebas dan lagu wajib mengenai bintara pembina desa (Babinsa).

Disamapaikannya bahwa para peserta kebanyakan merupakan binaan dari tiap-tiap Kodim dan Koramil di Jabodetabek dan Sukabumi.

"Kami berencana menggelar festival serupa dalam tingkat nasional dan acara yang sama juga dilaksanakan pada tiap wilayah," katanya.

Menurut dia, potensi seni dan ekonomi kreatif sangat beragam di Indonesia, sehingga perlu ada upaya untuk pembinaan dan dikembangkan.

"Dapat saja penyanyi jalanan ini nantinya manggung di luar negeri seperti di Belanda, Jerman maupun Inggris," katanya menambahkan.

Hal tersebut, kata dia,  telah dibuktikan dengan kesenian dari Sumatera Barat banyak manggung di Eropa seperti di London, Belanda dan Italia.

Bahkan grup musik angklung dari Jawa Barat, katanya, sering diundang oleh negara lain di luar negeri untuk dapat menunjukkan keahlian kepada masyarakat setempat.

Festival bertajuk "Melalui Kegiatan Kita Menguatkan Musisi Jalanan Guna Menyiapkan Alat Juang Pertahanan yang Tangguh Dalam Rangka Mewujudkan Manunggal TNI-Rakyat" itu merupakan program komunikasi sosial (komsos) sosial kreatif tingkat pusat TNI-AD tahun 2019, demikian Bakti Agus Fadjari.


Baca juga: IMJ Depok perjuangkan kartu bebas ngamen

Baca juga: Batalion Infantri 753/AVT gelar konser amal

Baca juga: Batik Tribe, Bermusik Untuk Anak Jalanan


Baca juga: Festival musik harmoni TNI untuk sambut ulang tahun

Pewarta: Adityawarman(TGR)
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019