Kendaraan yang terjebak akibat jembatan ambrol belum dapat dievakuasi, penanganan masih difokuskan kepada upaya memperlancar arus lalu lintas
Palembang (ANTARA) - Kendaraan yang terjebak akibat  jembatan di Kabupaten Mesuji ambrol serta membuat arus Jalan Lintas Timur Sumatera putus total akhirnya diarahkan untuk masuk ke Jalan Tol Trans Sumatera.

Kapolres Ogan Komering Ilir, AKBP Donni Eka, Senin, mengatakan kendaraan yang terjebak di dekat jembatan diarahkan ke jalan tol masuk dari Tol Kayu Agung seksi Pematang Panggang dan keluar di Gerbang Tol Simpang Pematang masuk ke Jalintim Lampung, pengalihan tersebut hanya dibuka satu hari.

"Kendaraan yang masuk tol harus melaju dengan kecepatan rendah karena masih terdapat proses pekerjaan, kendaraan yang masuk pun dibatasi hanya kendaraan pribadi yang sudah terlanjur masuk ke Kayu Agung, sedangkan untuk kendaraan bermuatan barang diarahkan melalui Jalinteng," ujar AKBP Donni Eka kepada Antara melalui sambungan telepon seluler.

Menurutnya kendaraan dari Palembang langsung diarahkan lewat Indralaya - Prabumulih - Muara Enim selanjutnya mengarah ke Jalinteng, sedangkan kendaraan yang sudah masuk Jalintim menuju Kayu Agung diarahkan kembali ke Indralaya menuju Jalinteng.

Sementara sejak dini hari sampai Senin siang dua kendaraan bertonase 40 ton yang terjebak di badan jembatan masih belum bisa di evakuasi, meski sempat menimbulkan kemacetan panjang namun saat ini sudah mulai terurai.

Adapun jembatan alternatif di sebelahnya tidak bisa dilalui karena dalam kondisi perbaikan akibat rusak, hanya sepeda motor yang boleh melintas dengan pengawasan petugas perhubungan.

"Mungkin butuh dua minggu untuk diperbaiki, sementara arus dari Palembang dialihkan dulu ke Jalinteng," demikian AKBP Donni.

Sebelumnya Jalan Lintas Timur Sumatera perbatasan Ogan Komering Ilir - Lampung putus total akibat jembatan penghubung di pebatasan ambrol saat dua truk melintas pada Senin malam (17/6).

Baca juga: Jembatan Tulung Gunung Mesuji rusak, lintas timur Sumatera macet

Baca juga: Perbaikan Jalintim Palembang-Jambi tuntas H-4 Idul Fitri

Baca juga: Dua terdakwa suap "fee" proyek Mesuji menangis usai divonis

Pewarta: Aziz Munajar
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2019