counter

Copa America 2019

Bagi pelatih Paraguay, Copa America semestinya hanya untuk tim Amerika

Bagi pelatih Paraguay, Copa America semestinya hanya untuk tim Amerika

Pelatih tim nasional Paraguay Eduardo Berizzo memberikan arahan kepada para pemainnya dalam laga penyisihan Grup B Copa America 2019 melawan Qatar di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Brazil, Minggu (16/6/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Pilar Olivares)

Jakarta (ANTARA) - Pelatih Paraguay Eduardo Berizzo keberatan dengan kehadiran wakil-wakil Asia dalam turnamen Copa America 2019.

Pada laga pertama tim asuhannya di turnamen antar negara-negara Amerika Selatan itu, Paraguay ditahan imbang Qatar dengan skor 2-2 dalam pertandingan yang berlangsung pada Senin dini hari WIB.

"Menurut saya, akan lebih masuk akal jika Copa America dimainkan oleh tim-tim dari seluruh Amerika," kata Berizzo seperti dilansir Reuters.

"Saya tidak pernah melihat Eropa mengundang tim Amerika Selatan mana pun untuk tampil (di Piala Eropa)."

Copa America telah beberapa kali mengundang negara-negara non Amerika Selatan untuk tampil di ajang ini. Australia bahkan sudah dipastikan akan berpartisipasi pada Copa America 2020 yang akan berlangsung di Kolombia dan Argentina.

"Jangan keliru, mungkin hari ini pernyataan ini terdengar sedikit kasar sebab kami baru bermain melawan Qatar. Namun saya percaya bahwa Copa America semestinya diikuti oleh seluruh negara Amerika dalam satu turnamen. CONCACAF (Konfederasi Sepak Bola Amerika Tengah, Utara, Dan Karibia) dan CONMEBOL (Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan) bersama-sama."

Pada turnamen "tetangga" yakni Piala Emas, CONCACAF juga pernah mengundang tim di luar Konfederasinya, yakni Brazil dan Korea Selatan. Namun belum pernah ada negara di luar anggota CONCACAF yang menjuarai Piala Emas.

Baca juga: Start bagus, Cavani optimistis perihal Uruguay di Copa America

Baca juga: Uruguay lumat sepuluh pemain Ekuador

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar