Jakarta (ANTARA) - Mengurangi limbah plastik bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan membawa kantong belanja sendiri.

Namun tidak perlu membeli, sebab Anda bisa membuatnya dengan menggunakan kaus bekas.

Belakangan ini mulai digencarkan gerakan tanpa kantong plastik dengan membawa tas jinjing (totebag) sendiri ketika berbelanja, hal tersebut diharapkan dapat meminimalisir sampah plastik.

Membuat kantong belanja atau totebag sendiri pun caranya sangatlah mudah, tanpa perlu menjahit Anda dapat memiliki totebag yang sesuai dengan selera.

Pertama-tama, yang perlu disiapkan adalah kaos yang sudah tidak terpakai. Anda juga dapat menggunakan kaus dengan warna, gambar atau motif favorit.

Kedua, siapkanlah sebuah gunting yang tajam, sebab hal ini akan memudahkan Anda dalam memotongnya, khususnya pada bagian yang tebal.
 
Totebag yang berasal dari kaos bekas (ANTARA News/Maria Cicilia Galuh)


Setelah semuanya siap, guntinglah kaus pada bagian lengan kiri dan kanan serta kerah atau leher. Untuk memudahkan saat memotong, Anda bisa mengikuti garis jahitan.

Gunting juga bagian bawah kaus menyerupai bentuk rumbai. Usahakan ukurannya sama agar terlihat rapih. Kemudian, ikatlah potongan tersebut satu per satu hingga semuanya saling mengait.

Kini, totebag hasil karya Anda sudah jadi. Besar kecilnya ukuran totebag tergantung dari ukuran kaos yang Anda gunakan. Anda juga bisa memodifikasinya lagi dengan menggambar atau menambahkan aksen lain.

Simak video pembuatan totebag dari kaos bekas di sini:
 

Baca juga: Podium peraih medali Olimpiade 2020 dibuat dari sampah plastik

Baca juga: Ngabuburit sembari belajar tentang sampah plastik

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019