counter

Disdikpora Gunung Kidul terapkan pendaftaran "online" siswa SD

Disdikpora Gunung Kidul terapkan pendaftaran "online" siswa SD

Kepala Disdikpora Gunung Kidul Bahron Rasyid (Foto ANTARA/Sutarmi)

Gunung Kidul (ANTARA) - Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupayen Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan mulai menerapkan pendaftaran online Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2019/2020 untuk tingkat sekolah dasar.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunung Kidul Bahron Rasyid di Gunung Kidul, Selasa, mengatakan kebijakan ini diterapkan pendataan jumlah siswa didik secara berjenjang dari Paud hingga SMP.

"Tahap uji coba, pendaftaran online tingkat SD akan dimulai tahun ini. Dengan penerapan pendaftaran ini, orang tua tidak perlu khawatir karena di setiap sekolah ada petugas yang membantu dalam proses pendaftaran," kata Bahron.

Meski demikian, kata Bahron, orang tua tetap bisa mengisi formulir secara offline. Selanjutnya petugas data pokok pendidikan (dapodik) akan mengisi formulir pendaftaran secara dalam jaringan (daring) atau online. Pendaftaran ini bagian dari upaya Disdikpora untuk mendata kepastian jumlah siswa sejak awal masuk sekolah.

Rencananya pendaftaran untuk tingkat SD dilakanakan selama dua hari pada 24-25 Juni mendatang. Adapun pengumuman penerimaan dilakukan pada 27 Juni.

"Pendaftaran secara online ini mempermudah dalam pendataan. Selain itu, prosesnya juga mudah. Bagi orang tua siswa yang kesulitan pada saat pendaftaran, akan ada petugas yang membantu,” katanya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SD Negeri 2 Wonosari Eko Pramono mengatakan pihaknya tidak melakukan persiapan khusus untuk pendaftaran siswa SD secara online. Persiapan seperti tahun-tahun sebelumnya sehingga proses dilaksanakan sesuai dengan jadwal pendaftaran.

"Kami sudah menyiapkan petugas khusus untuk membantu dalam proses pendaftaran. Kami juga tetap menyediakan formulir pendaftaran online dan juga menyiapkan panduan bagi masyarakat yang mempertanyakan terkait dengan pendaftaran online," katanya.

Baca juga: Disdikpora Gunung Kidul siapkan kebutuhan PPDB SMP online

Baca juga: Mudahkan sekolah, PPDB "online"-Dapodik Gunung Kidul diintegrasikan

Baca juga: Ombudsman DIY terima aduan pelaksanaan PPDB online


 

Banjir landa Kabupaten Bandung, ratusan siswa belajar di kantor desa

Pewarta: Sutarmi
Editor: Masnun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar