Yogyakarta (ANTARA) - Pecatur putri andalan utama Indonesia di turnamen Japfa internasional 2019, WIM Sihite Chelsie Monica Ignesias, hingga babak kedelapan, Selasa, masih menjaga asanya untuk meraih norma Grand Master Wanita (WGM) setelah menang atas rekan senegaranya, WFM Monica Putri Wigustira.

Chelsie yang diharapkan PB Percasi untuk menjadi WGM ketiga Indonesia, menyusul WGM Irene Kharisma Sukandar dan WGM Medina Warda Aulis menang pada langkah ke-44 melalui pertahanan Owen.

Kemenangan tersebut membuat Chelsie menambah koleksi satu poin menjadi enam atau kurang dua poin lagi untuk memenuhi syarat mendapat norma gelar tertinggi bagi pecatur kategori putri. Saat ini tersisa tiga babak dari total 11 babak dalam turnamen yang sifatnya invistasi ini.

"Chelsie tadi menang dan mudah-mudahan ia bisa melengkapi dua poin lagi. Berat memang kalau melihat tiga lawan terakhir. Tapi dia mungkin bisa ambil dua remis dan sekali menang," kata Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan Prestasi, Kristianus Liem.

Tiga lawan terakhir yang harus dihadapi Chelsie (2212) adalah WFM Fisabilillah Ummi (2201), WIM Pujari Rucha (2234) dari India, dan terakhir pecatur Vietnam WIM Luong Phuong Hanh 2271).

Menurut Kristianus Liem, tiga lawan terakhir Chelsie cukup berat. Secara elo rating, hanya Ummi yang di bawah Chelsie, sedangkan dua pecatur asing berada di atas.

"Ummi juga bukan lawan yang ringan dan sekarang lagi bagus. Mungkin remis dengan Ummi. Kemenangan mungkin bisa diharapkan di partai terakhir. Kalau pecatur India itu memang lagi bagus di turnamen ini," kata Kristianus Liem.

Pujari Rucha, lawan Chelsie di babak ke-10 hingga babak kedelapan memimpin dengan 6,5 poin usai menghentikan perlawanan sengit Ummi. Ummi menyerah pada langkah ke-34 lewat permainan Benko.

Kekalahan yang dialami Ummi, membuat ia harus menunda pencapaian syarat mendapat gelar Woman Master Internasional (WMI), sekaligus harus rela menyerahkan posisi puncak kepada Rucha.

Berikut hasil pertandingan babak kedelapan kategori WGM:

1. WIM Pujari Rucha 1-0 WFM Fisabilillah Ummi
2. WIM Sihite Chelsie Monica Ignesias 1-0 WFM Monica Putri Wigustira
3. WIM Luong Phuong Hanh 1-0 WFM Nurdin Tammi Nasuha
4. 2415 IM Milliet Sophie 1-0 WFM Hanfin Zahra Chumaira Amelia
5. WGM Gong Qianyun 0-1 WGM Tsatsalashvili Keti
6. WIM Citra Dewi Ardhiani Anastasia 1/2-1/2 IM L'ami Alina

Baca juga: Klasemen hingga tuntas babak ketujuh

Baca juga: Ummi Fisabilliah selangkah lagi raih norma WIM kedua

Baca juga: Chelsie gagal jinakkan buah putih Keti

Pewarta: Dadan Ramdani
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2019