counter

Anak: Mantan Presiden Mesir Mursi dimakamkan di Kairo

Anak: Mantan Presiden Mesir Mursi dimakamkan di Kairo

Presiden Mesir Mohamed Mursi menghadiri konferensi tingkat tinggi Organisation of Islamic Cooperation (IOC) di Kairo, Mesir, 6 Februari 2013. Mohamed Mursi meninggal dunia saat menjalani sidang di Kairo, Senin (17/6/2019). (REUTERS/Asmaa Waguih)

Kairo (ANTARA) - Mantan Presiden Mesir Mohamed Mursi sudah dimakamkan di sisi pusara para tokoh senior lainnya yang tergabung dalam Ikhwanul Muslimin di Kairo, kata puteranya Ahmed Mursi, di halaman Facebook-nya pada Selasa.

Pemakamannya dihadiri oleh para anggota keluarga di Nasr City, Kairo, setelah pihak berwenang menolak pemakaman Mursi di Provinsi Sharqiya, kampung halamannya, di Delta Nil, kata Ahmed Mursi.

"Kami memandikannya di rumah sakit penjara Tora, mensholatkannnya di rumah sakit itu ... dan penguburan dilakukan dengan tatacara spiritual Ikhwanul Muslimin," tulis Ahmed.

Mursi, yang berusia 67 tahun, wafat pada Senin akibat serangan jantung setelah jatuh di satu pengadilan Kairo ketika diadili atas dakwaan spionase, kata para pejabat dan sumber medis.

Mursi, seorang tokoh tertinggi di Ikhwanul Muslimin yang sekarang dilarang, dimasukkan ke dalam penjara sejak digulingkan oleh militer tahun 2013 setelah hampir setahun menjadi presiden, menyusul aksi-aksi protes terhadap kekuasaannya.

Kematiannya sepertinya akan menambah tekanan internasional atas pemerintah Mesir terkait rekor hak asasi manusia, khususnya kondisi di penjara-penjara tempat ribuan pegiat termasuk mereka yang sekuler ditahan,

Sumber: Reuters

Baca juga: Mantan Presiden Mesir Mohamed Mursi tutup usia
Baca juga: Mesir hukum mantan Presiden Mursi hingga tiga tahun penjara
Baca juga: Keluarga: keberadaan mantan PM Mesir belum diketahui

Penerjemah: Mohamad Anthoni
Editor: Chaidar Abdullah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar