Yogyakarta (ANTARA) - Hasil remis terjadi pada lima partai dari enam partai pada babak kesembilan turnamen catur internasional Japfa 2019 di Yogyakarta, Selasa malam, sehingga posisi peringkat pecatur tidak mengalami perubahan.

Pecatur Kazakhstan GM Khusnutdinov Rustam (2471) yang bermain remis dengan IM Priasmoro Novendra (2457) tetap bertengger di peringkat pertama denvgan poin enam diikuti pecatur terbaik Indonesia, GM Susanto Megaranto (2548), dengan poin 5,5.

Poin Susanto sama dengan yang diperoleh IM Priasmoro Novendra dari Indonesia dan GM Dmitry Kokarev (2809) dari Rusia, tetapi Susanto unggul Tie Break 1 yang mengakumulasikan pertemuan tiga pecatur dengan nilai sama tersebut.

Pada babak ke-9, Susanto yang memegang buah putih sebenarnya berusaha keras untuk memenangi pertandingan melawan pecatur India IM Raghunandan Kaumandur Srihari (2442) yang secara peringkat di bawah pecatur asal Indramayu, Jawa Barat, tersebut.

"Ya tadi remis lagi. Saya sudah berusha, tapi nggak tembus," kata Susanto yang pada turnamen ini sudah bermain remis tujuh kali.

Dengan peringkat yang tak bergeser, maka pertandingan-pertandingan pada dua babak terakhir akan berlangsung seru. Pertemuan Susanto dengan Rustam di babak terakhir tampaknya akan menjadi penentu sang juara.

Pada babak ke-9, satu-satunya partai yang tidak berakhir remis adalah partai antara WGM Aulia Medina Warda (2375) dengan IM Ravi Teja S (2405). Medina yang merupakan satu-satunya pecatur putri yang turun di kategori GM kembali menelan kekalahan sehingga semakin terpuruk di dasar klasemen dengan poin hanya 1,5.

Berikut hasil pertandingan babak ke-9
Kategori GM:
1. GM Khusnutdinov Rustam 1/2-1/2 IM Priasmoro Novendra
2. GM Sokolov Ivan 1/2-1/2 IM Das Arghyadip
3. GM Megaranto Susanto 1/2-1/2 IM Raghunandan Kaumandur Srihari
4. WGM Aulia Medina Warda 0-1 IM Ravi Teja S.
5. IM Taher Yoseph Theolifus 1/2-1/2 GM Kokarev Dmitry
6. FM Setyaki Azarya Jodi 1/2-1/2 IM Cuhendi Sean Winshand

Baca juga: Remis dengan Chelsie, Ummi Fisabilillah pastikan raih norma WIM

Baca juga: Pengumpulan poin di kategori GM masih ketat

Baca juga: Klasemen hingga tuntas babak ketujuh

Pewarta: Dadan Ramdani
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2019