counter

Tenis

Federer: penting untuk memenangi pertandingan pertama di rumput

Federer: penting untuk memenangi pertandingan pertama di rumput

Roger Federer melakukan pukulan di depan jaring saat pertandingan babak kedua melawan Gojowczyk di BNP Paribas Open di Indian Wells Tennis Garden. (Jayne Kamin-Oncea-USA TODAY Sports/www.reutersconnect.com)

Jakarta (ANTARA) - Petenis Swiss Roger Federer mengatakan selalu penting untuk memenangi pertandingan pertama di lapangan rumput karena jika tidak, musim kompetisi di lapangan tersebut akan menjadi sangat pendek.

"Selalu penting untuk memenangi pertandingan pertamamu pada rumput, karena kalau tidak musim lapangan rumput bisa menjadi sangat pendek," kata Federer dikutip AFP, Rabu, setelah meraih kemenangan atas petenis Australia John Millman di Halle, Selasa.

Federer memenangi pertandingan pertamanya pada lapangan rumput musim ini 7-6 (7/1), 6-3 pada malam yang lembab di Halle untuk maju ke putaran kedua bertemu petenis veteran Prancis Jo-Wilfried Tsonga.

Tsonga (34), mengatakan akan menjadi "sesuatu yang spesial" menghadapi Federer setelah ia mengalahkan rekan senegaranya Benoit Paire 6-4, 7-5 pada Selasa.

Paire yang berusia 30 tahun, terkenal karena kemarahannya di lapangan, diberi peringatan pada set pertama setelah melempar raketnya, tapi membuat penonton tertawa pada set kedua ketika ia dan Tsonga terlibat dalam reli spontan yang mempertahankan bola tetap di udara.

"Saya senang bisa menang karena Benoit adalah pemain berbahaya. Selalu sulit untuk mendominasi melawan dia, Anda selalu merasa seperti permainan bisa berubah setiap saat," kata Tsonga kepada AFP.

Petenis Prancis itu menghadapi Federer pada Kamis, dan dapat membanggakan rekor sempurna melawan petenis Swiss itu di lapangan rumput, setelah memenangi satu-satunya pertemuan mereka di lapangan tersebut pada 2011.

Juara tahun lalu Borna Coric meraih kemenangan 7-6 (7/2), 6-3 atas petenis Spanyol Jaume Munar pada pertandingan putaran pertama, sementara pemain favorit tuan rumah Jan-Lennard Struff menundukkan Laslo Djere dari Serbia 6-4, 6-4 untuk meraih kemenangan pertamanya pada nomor tunggal di Halle.

"Saya dulu tinggal di dekat sini. Saya akan datang ke sini tiap tahun dan kalah, sehingga senang akhirnya bisa menang," kata Struff.

Namun warga Halle kurang gembira karena petenis-petenis Jerman Mats Moraing, Peter Gojowczyk dan Rudolf Molleker semuanya tersingkir pada Selasa.

Di atas semua itu, peringkat lima dunia dan bintang yang sedang menanjak Alexander Zverev mundur dari nomor ganda turnamen tersebut karena masalah lutut.

Zverev, yang cedera lututnya terjadi saat meraih kemenangan putaran pertama atas Robin Haase, Senin, tetap berada di nomor tunggal dan akan menghadapi petenis Amerika Steve Johnson pada Kamis.

Moraing kalah 4-6, 6-7 (4/7) dari petenis Italia Andreas Seppi sementara petenis Ukraina Sergiy Stakhovsky bangkit dari kehilangan set pertama untuk mengalahkan Molleker 3-6, 7-6 (8/6), 6-2.

Gojowczyk kalah 3-6, 4-6 oleh Richard Gasquet dari Prancis.

Gasquet selanjutnya akan menghadapi unggulan ketujuh Roberto Bautista Agut pada putaran kedua setelah petenis Spanyol itu menang 7-6 (12/10), 6-0 atas Taylor Fritz dari Amerika.

Baca juga: Federer raih gelar Halle Terbuka kesembilan kalinya
Baca juga: Tsonga raih gelar di Montpellier

 

Kejar Persiapan Seremonial PON di GBLA

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar