Babel bekali 17 guru berprestasi bersaing di nasional

Babel bekali 17 guru berprestasi bersaing di nasional

Wakil Gubernur Kepulauan Babel, Abdul Fatah bersama dengan 17 guru berprestasi usai beraudiensi di Pangkalpinang, Rabu (19/6/2019). (Babel.antaranews.com/Aprionis)

Pangkalpinang (ANTARA) - Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah membekali 17 guru dan tenaga pendidik berprestasi agar mereka mampu bersaing dalam mengikuti seleksi tingkat nasional pada 12 hingga 18 Agustus 2019.

"Kegiatan ini sebagai bentuk penghargaan kepada guru dan tenaga pendidikan yang sudah berdedikasi dan berprestasi," kata Abdul Fatah usai menerima kunjungan 17 guru berprestasi di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan peran tenaga kependidikan sangat dibutuhkan dalam mencetak sumber daya manusia yang handal, agar bangsa ini mampu bersaing dengan bangsa lain.

"Indonesia saat ini dihadapkan berbagai macam tantangan, antara lain tantangan bonus demografi pada 2030," ujarnya.

Selain itu, tantangan globalisasi yang ditandai dengan masuknya tenaga kerja khusus di bidang pendidikan dari luar provinsi maupun luar negeri dan juga tantangan revolusi 4.0 yang serba digital.

Oleh karena itu, tenaga kependidikan selain memberikan pendidikan juga harus membentuk karakter anak Indonesia agar menjadi generasi penerus bangsa yang andal dan berkompeten.

"Kita mengucapkan selamat kepada mereka yang akan bersaing di tingkat nasional dengan 33 provinsi lainnya dan kepada para pelatih juga diucapkan terima kasih, karena sudah memberi pembekalan. Saya harap mereka dapat membawa medali juara untuk Babel," ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Babel, M.Soleh mengatakan, pemilihan guru berprestasi dan berdedikasi jenjang pendidikan dasar, menengah dan khusus tahun 2019 yang dilaksanakan secara berjenjang dari tingkat kabupaten/kota sampai tingkat nasional, sebagai bentuk penghargaan pemerintah daerah.

"Kita sudah melaksanakan seleksi tingkat provinsi pada 20-23 Mei 2019 lalu, yang hasilnya ada 17 tenaga pendidik berprestasi, baik guru, Kepala sekolah, pengawas, tenaga administrasi sekolah jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK dan SMP yang akan maju ke tingkat nasional pada 12 Agustus mendatang," katanya.

Menurut dia, sebelum diberangkatkan ke tingkat nasional, tujuh belas guru berprestasi ini mengikuti pembekalan dalam dua tahap dari para pelatih dan nara sumber yang tak lain tenaga pendidik yang berprestasi tahun sebelumnya. "Dengan pembekalan ini diharapkan perwakilan Babel itu dapat berprestasi di ajang tersebut," ujarnya.*


Baca juga: 1.200 guru ikuti pertemuan GTKK PAUD nasional di Babel

Pewarta: Aprionis
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Menkop UKM lepas ekspor lidi nipah Babel ke Nepal

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar