Jakarta (ANTARA) - Klub Liga 1 Indonesia PSM Makassar dikalahkan 10 pemain tim wakil Vietnam Becamex Bing Duong dengan skor 0-1 dalam laga leg pertama semifinal zona ASEAN Piala AFC 2019 di Stadion Go Dau, Vietnam, Rabu.

Dikutip dari laman resmi PSM Makassar di Jakarta, Rabu, Becamex Binh Duong bermain dengan 10 orang sejak menit ke-50 setelah Nguyen Trung Tin dikartu merah pada menit ke-50.

Dia mendapatkan kartu kuning kedua usai melanggar Rasyid Bakri.

Adapun satu-satunya gol dalam pertandingan tersebut dicetak oleh Nguyen Tien Linh pada menit ke-80.

Hasil tersebut membuat PSM wajib menang dengan selisih minimal dua gol pada leg kedua untuk lolos langsung ke final zona ASEAN Piala AFC 2019.

Leg kedua sendiri digelar pada Rabu (26/6) di markas PSM Makassar, Stadion Pakansari, Cibinong, Jawa Barat.

Sejatinya, laga itu berjalan dengan lambat. Pelatih PSM Makassar Darije Kalezic membangkucadangkan penyerang tersubur skuatnya di Piala AFC Eero Markkanen dan menggantinya dengan Guy Junior.

Meski demikian, dia tetap menurunkan para pemain andalan seperti Marc Klok dan Willem Jan Pluim.

Kedua tim cenderung bermain hati-hati sejak awal pertandingan. Akibatnya, hampir tidak ada peluang bersih tercipta untuk kedua tim sepanjang 45 menit.

Pertandingan berjalan lambat dan bola mayoritas berada di lini tengah. Skor 0-0 bertahan sampai laga masuki masa jeda.

Baca juga: PSM boyong tiga penyerang hadapi wakil Vietnam

Pada babak kedua, tensi laga mulai meningkat, terutama setelah Nguyen Trung Tin dikartu merah di menit ke-50.

Sayangnya, alih-alih menguasai laga PSM justru beberapa kali tertekan oleh serangan Becamex yang bermain dengan 10 orang.

Dari skema umpan jauh langsung ke depan dari Le Tan Tai, pemain pengganti Nguyen Tien Linh berhasil menyundul bola masuk ke gawang PSM.

Skor 1-0 membuat Becamex langsung merapatkan pertahanan. Pelatih PSM kemudian memasukkan penyerang andalannya Eero Markkanen di menit ke-84 untuk menambah daya gedor.

Akan tetapi, keputusan tersebut itu tidak mampu mengubah situasi. Skor tetap 1-0 untuk kemenangan Becamex.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Becamex Binh Duong: Tran Duc Cuong-pg, Ho Tan Tai, Nguyen Thanh Long, Ali Rabo, Nguyen Trung Tin, To Van Vu, Nguyen Trong Huy, Victor Mansaray, Le Tan Tai, Wander Luiz, Nguyen Anh Duc (kapten).

PSM Makassar: Rivky Mokodompit-pg, Abdul Rahman, Aaron Evans, Asnawi Mangkualam, Taufik Hidayat, Rizky Pellu, Marc Klok, Rasyid Bakri, Willem Jan Pluim (kapten), Zulham Zamrun, Guy Junior.
 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2019