Surabaya (ANTARA) - Madura United menahan imbang Persebaya dengan skor 1-1 pada leg pertama babak delapan besar Piala Indonesia di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Rabu sore.

Dua gol pada laga tersebut masing-masing dicetak oleh Aleksandar Rakic dari Madura United menit ke-2, sedangkan gol Persebaya dicetak menit ke-54 oleh Osvaldo Haay.

Saat laga baru berjalan dua menit, Rakic sukses membobol gawang Persebaya yang dikawal Miswar Saputra setelah menerima umpan matang dari Beto Goncalves.

Tertinggal satu gol, tuan rumah yang disaksikan puluhan ribu suporternya mencoba menekan, namun selalu gagal di barisan pertahanan lawan yang digalangi Jaimerson Da Silva.

Kesempatan “Bajul Ijo” menyamakan kedudukan tercipta menit ke-9 saat Damian Lizio mendapat bola terobosan, tapi tendangan melengkungnya setelah melewati satu bek lawan masih melenceng di sisi kiri gawang lawan.

Meski sudah unggul, Madura United tak mengendorkan permainan dan menciptakan beberapa peluang, di antaranya menit ke-12 melalui Beto Goncalves dan Rakic yang masih digagalkan Miswar Saputra.

45 menit babak pertama, kedua tim melakukan jual beli serangan, seperti yang terjadi di menit ke-22 dan 28 oleh Manuchehr Jalilov yang tendangannya masih diblok kiper serta melambung di atas gawang.

Sedangkan, Madura United pada menit ke-25 nyaris memperbesar keunggulan jika tendangan keras Andik Vermansyah dari luar kotak penalti tidak ditepis oleh Miswar Saputra.

Hingga wasit Fariq Hitaba asal Yogyakarta meniup peluit panjang babak pertama berakhir, skor sementara laga berjuluk “Derby Suramadu” 1-0 untuk Madura United.

Pada babak kedua, tuan rumah yang tidak ingin malu di kandang mengambil inisiatif menyerang, termasuk memasukkan dua pemainnya pada menit 52, Irfan Jaya dan Osvaldo Haay menggantikan Oktafianus Fernando serta Amido Balde.

Baru semenit di lapangan, umpan terobosan Osvaldo Haay ke Jalilov nyaris membuat skor menjadi sama, tapi tendangannya masih diblok kiper M Ridho.

Gol penyama kedudukan Persebaya benar-benar terjadi menit ke-54 melalui Osvaldo Haay memanfaatkan kemelut di muka gawang Madura United.

Gol pemain timnas itu membuat hidup serangan, bahkan beberapa kali peluang melalui Jalilov, Misbakus Solikin dan Irfan Jaya berkali-kali mengancam barisan pertahanan lawan.

Peluang terbaik didapat Jalilov menit ke-61, tapi tendangannya masih menerpa tiang gawang Madura United, begitu juga upaya Damian Lizio yang penyelesaian akhirnya masih tumpul.

Di ujung laga, wasit menambah sebanyak empat menit tambahan waktu, namun baru memasuki menit kedua, laga terpaksa dihentikan karena suporter menyalakan flare dan berujung pada perusakan papan iklan di sisi utara.

Kedua tim akan kembali bertemu di leg kedua pada Kamis, 27 Juni 2019 di Stadion Gelora Madura Ratu Pemalingan, Pamekasan.

Baca juga: Laga Persebaya lawan MU dihentikan karena flare

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2019