counter

Piala Dunia FIBA

Penggawa Wizards Satoransky ikuti seleksi akhir Ceko untuk Piala Dunia

Penggawa Wizards Satoransky ikuti seleksi akhir Ceko untuk Piala Dunia

Pebasket tim nasional Republik Ceko Tomas Satoransky yang membela klub NBA Washington Wizards. (twitter.com/WashWizards)

Jakarta (ANTARA) - Penggawa klub NBA Washington Wizards, Tomas Satoransky, masuk ke dalam 20 pemain seleksi akhir tim nasional bola basket putra Republik Ceko menjelang Piala Dunia FIBA 2019 di China.

Selain Satoransky nama yang menjadi sorotan dalam seleksi akhir yang diumumkan pada Rabu WIB adalah bintang klub Turki Fenerbahce Beko, Jan Vesely, demikian dilansir laman resmi FIBA.

Vesely baru saja menyabet gelar sebagai Pemain Terbaik (MVP) EuroLeague di mana ia berhasil mengantarkan Fenerbahce menempati peringkat keempat akhir turnamen.

Kehadiran Satoransky dan Vesely jelas menjadi sokongan bagi tim besutan pelatih kepala Ronen Ginzburg yang bakal melakoni penampilan perdana mereka di putaran final Piala Dunia FIBA.

Terlebih keduanya merupakan aktor penting dalam kelolosan Ceko ke putaran final saat mengalahkan Rusia 80-78 dalam fase kualifikasi zona Eropa pada September 2018 lalu.

Satoransy dan Vesely didampingi nama-nama senior lain seperti Jaromir Bohacik (USK Praha), Ondrej Balvin (Herbalife Gran Canaria), Pavel Pumprla (CEZ Nymburk), Blake Schilb (Champagne Chalons-Reims), Vojtech Hruban (CEZ Nymburk), Martin Kriz (CEZ Nymburk) dan Patrik Auda (Manreda) juga masuk dalam 20 pemain seleksi akhir yang hampir pasti diboyong Ginzburg ke China.

Selain itu, dua jebolan timnas U20 Jakub Tuma dan Petr Herman juga termasuk dalam 20 nama seleksi akhir timnas Ceko, sebagai bagian visi Ginzburg mempersiapkan nama baru untuk Kejuaraan FIBA EuroBasket 2021 mendatang.

Pemusatan latihan terakhir Ceko jelang Piala Dunia FIBA akan digelar mulai 23 Juli, namun sejumlah pemain akan datang terlambat.

"Tentu saja ini bukan situasi yang ideal ketika kami tak memulai bersama-sama sejak 23 Juli, namun kami harus mempertimbangkan faktor kesehatan dan kebugaran mereka yang baru saja melewati musim panjang," kata Ginzburg,

Ginzburg menegaskan akan butuh waktu cukup lama untuk mengembalikan kebugaran tanding para pemain, namun ia bertekad pasukannya bakal berada dalam kondisi terbaik pada 1 September saat mereka memulai Piala Dunia FIBA.

Di China, Ceko tergabung di Grup E bersama Amerika Serikat, Turki dan Jepang. Ceko akan mengawali laga penyisihan grup dengan menghadapi juara bertahan AS pada 1 September di Shanghai.

Sebelum bertolak ke China, Ceko akan terlebih dulu menjalani serangkaian laga pemanasan pada 9-11 Agustus di Praha, berturut-turut menghadapi tiga negara yang juga telah memastikan kelolosan ke putaran final Piala Dunia FIBA 2019 yakni Tunisia, Polandia dan Yordania.

Baca juga: Wade ingkatkan persaingan ketat pada Piala Dunia FIBA

Baca juga: Generasi emas inspirasi Argentina songsong Piala Dunia FIBA

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Berlatih basket bersama pemain NBA Jason Anthoney Richardson

Komentar