Industri semikonduktor membutuhkan investasi cukup besar, sehingga membutuhkan pendekatan khusus agar industri ini berminat masuk ke Indonesia.
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perindustrian membidik investasi komponen berupa semikonduktor dari Taiwan dengan melakukan kunjungan ke negara tersebut.

“Beberapa waktu lalu kami ke Taiwan untuk mencari industri semikonduktor agar masuk ke dalam negeri, karena komponen part ini bisa lari kemana-mana,” kata Direktur Jenderal Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian Harjanto dihubungi di Jakarta, Kamis.

Menurut Harjanto, industri semikonduktor membutuhkan investasi cukup besar, sehingga membutuhkan pendekatan khusus agar industri ini berminat masuk ke Indonesia.

“Industri semikonduktor di Indonesia kan baru ada satu di Batam. Kami ingin lebih banyak lagi yang masuk,” ungkap Harjanto.

Harjanto menambahkan, industri hilir (downstream) elektronik di Indonesia cukup banyak saat ini, sehingga inilah saatnya pendalaman industri digeser ke arah industri antara (midstream) dan hulu (upstream).

"Kita ingin dorong dari industri antara ke hulu untuk bisa dibangun di dalam negeri," kata Harjanto.
Baca juga: Indonesia Mampu Dirikan Perusahaan Semikonduktor

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019