Gambang Kromong merupakan pentas seni di hari terakhir dari rangkaian acara Pekan Lebaran. Sengaja memilih kesenian Betawi pada hari terakhir karena bertepatan dengan ulang tahun DKI
Jakarta (ANTARA) - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) mengundang pelawak Mastur sebagai bintang tamu pada pentas seni gambang kromong pada Minggu mendatang guna memeriahkan HUT DKI Jakarta.

“Dalam rangka HUT DKI kita seperti biasa menyelenggarakan kegiatan seni budaya untuk mengisi panggung di areal TMII. Seperti kesenian Gambang Kromong dengan bintang Mastur,” ujar Manager Marketing TMII, Dwi Atmodjo, di Jakarta Timur, Kamis

Menurut Atmodjo, Gambang Kromong dan Mastur dipilih untuk memeriahkan hari jadi DKI ke-492 itu karena merupakan kesenian dan pelawak asli Betawi.

“Gambang Kromong merupakan pentas seni di hari terakhir dari rangkaian acara Pekan Lebaran. Sengaja memilih kesenian Betawi pada hari terakhir karena bertepatan dengan ulang tahun DKI,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, terpilihnya Mastur karena dirasa mampu mewakili generasi muda, dewasa, dan kalangan lebih tua. Atmodjo berharap, kehadiran Mastur mampu memperbarui seni budaya Gambang Kromong sehingga bisa dinikmati oleh kaun muda sekalipun.

Ia berharap, dalam rangka HUT DKI semakin banyak masyarakat yang antusias memilih TMII sebagai destinasi liburan agar seni dan budaya daerah tetap lestari dan dikenal masyarakat generasi sekarang dan masa mendatang.

Selain kesenian Gambang Kromong yang akan diselenggarakan pada Minggu mendatang di Panggung Putro Pendowo TMII pukul 11.00-16.00 WIB itu, TMII juga menampilkan Reog Ponorogo di areal Tugu Api Pancasila TMII serta kesenian lainnya di anjungan maupun panggung.

Sedangkan pada Sabtu, TMII menampilkan parade teater daerah pukul 09.00 WIB, musik Kendang Kempul “Gambiran” pada siang hari dan kesenian Genjring Buroq pada sore harinya.


Baca juga: MRT Jakarta mendukung penuh program HUT Jakarta
Baca juga: Pemprov DKI gelar acara HUT Jakarta usung ekonomi kreatif dan seni
Baca juga: Museum Sejarah Jakarta gelar teater kolosal sambut HUT DKI


Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019