counter

Inovator 4.0 Indonesia dorong Presiden Jokowi bangun SDM imajinatif

Inovator 4.0 Indonesia dorong Presiden Jokowi bangun SDM imajinatif

Ketua Umum Inovator 4.0 Indonesia, Budiman Sujatmiko (Istimewa)

Jakarta (ANTARA) - Komunitas Inovator 4.0 Indonesia mendorong Presiden Joko Widodo untuk membangun sumber daya manusia (SDM) yang kreatif dan imajinatif di berbagai bidang pada periode kedua pemerintahannya.

"Presiden Jokowi mampu melaksanakannya karena minim beban politik, dukungan mayoritas di parlemen, dan memiliki modal kerja nyata pada periode pertama," kata Ketua Umum Inovator 4.0 Indonesia, Budiman Sudjatmiko pada diskusi "Siapa Bisa 'Baca' Jokowi, di Jakarta, Kamis.

Budiman Sujatmiko optimistis, Presiden Joko Widodo berani melakukan terobosan untuk melahirkan SDM Indonesia yang imajinatif di bidang teknologi, ekonomi, pendidikan, wirausaha, dan lainnya. "Presiden Jokowi, sudah banyak menyelesaikan pekerjaan rumah pada bidang infrastruktur," katanya.

Menurut Budiman, kalau pada periode pertama Presiden Jokowi sudah banyak merealisasikan pembangunan di bidang fisik, maka pada periode kedua Presiden Joko Widodo harus berani merealisasikan program pembangunan semesta berencana yang fokus pada pembangunan SDM dan keadilan sosial.

Politisi PDI Perjuangan itu menambahkan, UU Desa disahkan pada Desember 2013, karena keberanian Presiden Joko Widodo mengeksekusi imajinasi sewaktu kecil tentang desa.

Budiman mendorong agar DPR RI menghasilkan UU Desa saat dirinya berada di Komisi II DPR RI pada periode 2009-2014 yang sasarannya percepatan pemerataan pembangun dan kesejahte4raan rakyat. "Pak Jokowi adalah produk keberanian mengeksekusi imajinasi politik hingga terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta dan kemudian Presiden Republik Indonesia," katanya.

Budiman mengingatkan, dulu orang tidak kenal siapa Joko Widodo, bahkan banyak yang meragukan Joko Widodo dapat terpilih menjadi presiden, tapi realitasnya pada pemilu presiden 2019 terpilih menjadi presiden. "Membangun SDM yang kreatif dan imajinatif juga sejalan dengan program revolusi mental," katanya.

Budiman menilai, Presiden Jokowi sudah menjalankan perannya sebagai teladan revolusi mental dengan kerja membangun peradaban melalui infrastruktur. "Pembangunan infrastruktur adalah kerja nyata yang dilakukan Presiden Jokowi," katanya.

Baca juga: PPI pertemukan Budiman dan Rocky di China

Baca juga: Budiman Sudjatmiko: semburan dusta tidak bisa capai kemenangan politik

Baca juga: Indonesia percepat pembangunan infrastruktur dan SDM

Baca juga: Menaker promosi tiga pilar pembangunan SDM di konferensi internasional

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Jokowi ke negara-negara Afrika: Indonesia teman terpercaya

Komentar