counter

Formula 1

Soal penalti Vettel, Ferrari temui steward F1 jelang GP Prancis

Soal penalti Vettel, Ferrari temui steward F1 jelang GP Prancis

Formula One F1 - French Grand Prix - Circuit Paul Ricard, Le Castellet, France - June 20, 2019 Ferrari's Sebastian Vettel ahead of the French Grand Prix REUTERS/Vincent Kessler (REUTERS/VINCENT KESSLER)

Jakarta (ANTARA) - Ferrari akan menemui steward Formula 1 di GP Prancis pada Jumat, setelah meminta peninjauan kembali keputusan yang merenggut gelar juara Sebastian Vettel di Kanada dua pekan lalu.

FIA menyatakan pada Kamis jika perwakilan tim telah diminta untuk menemui steward yang bertugas ketiga GP Kanada pada pukul 14:15 waktu setempat (12:15 GMT) atau setelah sesi latihan bebas pertama di Sirkuit Paul Ricard, Le Castellet, demikian Reuters.

Sebelumnya, Ferrari pada Senin telah meminta peninjauan kembali keputusan steward yang memberi penalti lima detik kepada Vettel di Montreal.

Vettel yang start dari pole position dan finis pertama di Kanada harus turun ke peringkat dua ketika penalti lima detik itu diberlakukan sehingga gelar juara GP Kanada jatuh ke tangan pebalap Mercedes Lewis Hamilton.


Baca juga:Hasil GP Kanada, Hamilton raih kemenangan kontroversial


Berada di bawah tekanan dari Hamilton, Vettel membuat kesalahan di putaran ke-48 ketika dia terlalu keras melintasi chicane dan melebar ke rumput di pinggir trek. Dia berhasil mengendalikan mobilnya untuk kembali ke trek di depan sang pebalap Inggris yang terpaksa melakukan pengereman keras agar terhindar dari terpojok ke pagar pembatas.

Balapan dilanjutkan, sementara insiden tersebut diinvestigasi oleh steward. Beberapa lap kemudian ketika Vettel diberitahu keputusan penalti tersebut, amarah sang juara dunia empat kali itu meledak seperti terdengar di radio komunikasi pebalap.

Sang pebalap Jerman itu kini terpaut 62 poin dari Hamilton yang berada di puncak klasemen pebalap.

Mercedes telah menyapu bersih kemenangan di tujuh balapan musim ini, dan sembilan secara beruntun jika dua kemenangan di dua balapan terakhir musim lalu diikutsertakan.

Ferrari tak langsung protes ketika hukuman itu dijatuhkan. Namun, dengan bukti-bukti baru, tim asal Italia itu mengajukan banding. Namun, mereka tidak mau mengungkapkan detil dari bukti yang mereka bawa dengan alasan "tingkat sensitivitas persoalan".

Baca juga:Ferrari bawa "evolusi kecil" ke GP Prancis
Baca juga:GP Prancis, Ujian trek Paul Ricard yang merata
 

Felipe Massa Singgah di Jakarta

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar