Partai Golkar meraih sebesar 17.229.789 atau 14,8 persen suara dengan total perolehan kursi di DPR mendapatkan 85 kursi, sedangkan PDI-Perjuangan mendapatkan 129 kursi dan Gerindra mendapatkan 78 kursi
Jakarta (ANTARA) - Politikus Golkar Happy Bone Zulkarnain mengatakan Airlangga Hartarto merupakan sosok yang berjasa membawa kebangkitan bagi Partai Golkar dalam Pemilu serentak 2019.

Ketua Korbid Hankam, Hubungan Luar Negeri, Hukum, Keamanan, Ekonomi Pedesaan dan Diaspora DPP Partai Golkar itu mengatakan dibawah kepemimpinan Airlangga Golkar mampu bertahan di peringkat kedua perolehan kursi parlemen.

"Partai Golkar meraih sebesar 17.229.789 atau 14,8 persen suara dengan total perolehan kursi di DPR mendapatkan 85 kursi, sedangkan PDI-Perjuangan mendapatkan 129 kursi dan Gerindra mendapatkan 78 kursi," kata Happy Bone dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Happy mengatakan perolehan suara Golkar di Pemilu 2019 itu dengan sebaran yang merata di berbagai daerah pemilihan.

Menurutnya, hal ini menjadi catatan prestasi yang luar biasa bagi Golkar, mengingat ditengah kondisi berat badai politik yang melanda Partai Golkar sebelumnya.

Dia mengulas, sebelumnya Golkar sempat dilanda berbagai masalah antara lain dualisme kepengurusan antara Munas Bali dan Ancol, kasus "papa minta saham" dan korupsi yang menjerat beberapa elite Golkar di nasional dan daerah.

Selain itu, Golkar mengalami pergantian ketua umum berulang kali, dituduh sebagai partai pendukung penista agama, ditangkapnya mantan Ketua Umum Golkar Setya Novanto, korupsi mantan Sekjen Golkar Idrus Marham, dan korupsi anggota DPR dari partai Golkar menjelang detik-detik akhir pencoblosan Pemilu 2019.

Kemudian, kata dia, lahir pula Partai Berkarya yang dibidani sejumlah mantan elite Golkar yang secara nyata memperoleh dua persen suara nasional.

"Kalau dilihat dari dinamika ini maka bisa saja Golkar terjerembab ke titik nadir. Akan tetapi melalui kerja keras dan konsolidasi partai dan gerakan total para caleg maka Golkar masih mampu bertahan dan bahkan membalik prediksi sebagian lembaga survei yang sempat memperkirakan bahwa perolehan Golkar hanya dikisaran 6-9 persen secara nasional," ujar dia.

Happy Bone menegaskan keberhasilan Golkar menempatkan diri sebagai kekuatan politik nomor dua, tidak terlepas berkat kerja apik seluruh kader Golkar dibawah kepemimpinan Airlangga.

Baginya keberhasilan tersebut, menandakan terjadinya kemajuan yang tepat dalam tata kelola manajerial partai yang seharusnya direspon secara positif oleh seluruh jajaran partai dan menjadi batu loncatan yang lebih baik lagi bagi partai Golkar untuk menghadapi tantangan politik ke depan.

Strategi Airlangga
Dia mengatakan dalam kepemimpinannya, Airlangga menerapkan strategi khusus sehingga berhasil membawa Golkar dalam kesuksesan.

Dia menekankan, Airlangga membawa Golkar sebagai partai politik pertama di Indonesia yang menggunakan hasil lembaga survei untuk mengambil keputusan serta mengandalkan sistem kepartaian sebagai kekuatan.

Selain itu, menurutnya, Airlangga Hartarto menggunakan strategi yang biasa digunakan oleh mantan pelatih Inter Milan Jose Mourinho dalam sepak bola, yakni strategi bertahan "catenacio" dan serangan balik "counter attack".

Strategi Mourinho itu, ujarnya, terbukti mampu mengalahkan sepak bola indah dan menyerang dari Barcelona di semifinal Liga Champions.

"Golkar memiliki kemampuan bertahan yang luar biasa dalam menghadapi serangan-serangan dan tekanan dari partai lain sehingga masih mampu bertahan di posisi dua nasional untuk perolehan kursi di DPR," jelasnya.

Selain itu, dia mengingatkan bahwa Airlangga dianggap sebagai salah satu menteri berprestasi di Kabinet Kerja Presiden Jokowi.

Menurut Happy, Airlangga memiliki keunggulan khusus sebagai syarat menjadi pemimpin, yakni kemampuan membangun jaringan serta memiliki kepercayaan diri yang terukur.

Happy meyakini Golkar dibawah kepemimpinan Airlangga Hartarto akan menuju kesuksesan pada tahun 2024.

Dia menekankan sejauh ini, mayoritas Ketua DPD Golkar dan ormas pendiri Golkar seperti MKGR dan Kosgoro juga memberikan apresiasi atas kepemimpinan Airlangga.

"Karena itu tidak benar jika Airlangga dianggap gagal dalam Pemilu 2019 kemarin. Pencapaian Golkar dibawah kepemimpinan Airlangga menunjukkan semangat kerja kader dan mesin partai serta kekuatan jaringan solid dan efektif," kata dia.

Atas dasar itu, Happy Bone mengimbau seluruh kader Golkar menjadikan kebangkitan Golkar saat ini sebagai momentum energi pendorong dan pemersatu Golkar untuk tetap kokoh di peringkat kedua kekuatan politik nasional.

Dia meminta pencapaian positif Golkar saat ini, menyolidkan seluruh kader Golkar.

"Golkar harus fokus menatap ke depan dengan modal yang ada sekarang untuk memenangkan suara rakyat di tahun 2024. Bahkan tidak menutup kemungkinan pada 2024 nanti Airlangga menjadi capres unggulan dari unsur internal kader Golkar," tuturnya.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2019