Jakarta (ANTARA) - Sejak kerja sama dengan Google Android diputus akibat perang dagang Amerika Serikat dengan China, pengguna ponsel Huawei khawatir perangkat mereka tidak lagi mendapat pembaruan mutakhir dari Android.

Huawei melalui akun Twitter resmi @HuaweiMobileUK menjawab kekhawatiran konsumen terhadap keberlanjutan sistem operasi Android di gawai yang mereka pakai sekaligus memastikan sejumlah perangkat Huawei akan mendapatkan versi terkini Android Q.

Baca juga: Huawei kembali ajukan perlawanan atas sanksi AS

Baca juga: Honor 20 dan 20 Pro tetap pakai Android


"Siapa pun yang sudah membeli, atau ingin membeli ponsel Huawei, dapat terus mengakses aplikasi seperti biasa. Semua perangkat dilindungi garansi dari manufaktur kami dan akan mendapat dukungan penuh," kata Huawei melalui @HuaweiMobileUK, dikutip Jumat.

Dalam cuitan tersebut, Huawei menjamin ponsel-ponsel mereka yang populer di pasar, termasuk P30, akan mendapatkan Android Q.

"Faktanya, kami sudah meluncurkan program pengembang beta untuk Android Q yang sekarang berjalan di perangkat Mate 20 Pro kami," kata Huawei.

Huawei menjawab rumor-rumor yang beredar seputar ponsel mereka setelah tidak lagi bermitra dengan Google Android melalui situs huaweianswers.com atau consumer.huawei.com.

Melalui situs tersebut, Huawei memberikan daftar ponsel-ponsel yang akan mendapatkan Android Q, yaitu sebagai berikut:

1. P30 Pro
2. P30
3. Mate 20
4. Mate 20 Pro
5. PORSCHE DESIGN Mate 20 RS
6. P30 lite
7. P smart 2019
8. P smart+ 2019
9. P smart Z
10. Mate 20 X
11. Mate 20 X (5G)
12. P20 Pro
13. P20
14. Mate 10 Pro
15. PORSCHE DESIGN Mate 10
16. Mate 10
17. Mate 20 Lite

Baca juga: Gedung Putih nyatakan akan capai tenggat dua-tahun buat Huawei

Baca juga: Dubes China peringatkan Inggris terkait pemblokiran Huawei

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2019