Jakarta (ANTARA) - Chelsea telah menunjuk mantan kiper mereka Petr Cech sebagai penasihat teknik dan performa tim, umum klub Liga Premier itu seperti dikutip Reuters.

Cech menghabiskan 11 tahun sebagai pemain Chelsea dengan mempersembahkan 13 trofi kejuaraan besar, termasuk empat gelar juara Liga Inggris dan Liga Champions, sebelum pindah ke Arsenal pada 2015.

Dalam peran barunya itu, pria berusia 37 tahun itu akan bekerja dengan direktur Chelsea Marina Granovskaia dan staf pelatih tim utama serta turut mendampingi tim dalam setiap pertandingan tandang.

"Saya merasa sangat terhormat punya kesempatan bergabung kembali dengan Chelsea dan membantu menciptakan tingkat lingkungan kerja setinggi mungkin guna meneruskan keberhasilan klub dalam 15 tahun terakhir," kata Cech dalam laman web Chelsea.

Baca juga: Terungkap pesan perpisahan Eden Hazard di grup WA pemain Chelsea

"Saya menantikan tantangan baru itu dan semoga saya bisa mencurahkan semua pengetahuan dan pengalaman sepak bola saya untuk membantu tim dalam mencapai sukses yang lebih banyak lagi pada masa mendatang."

Cech gantung sepatu akhir musim lalu dengan terakhir kali tampil saat Arsenal kalah 1-4 melawan Chelsea pada final Liga Europa bulan lalu.

Penunjukkan dia menandai perombakan besar-besaran Chelsea yang tengah mencari pengganti Maurizio Sarri yang hengkang ke Juventus.

Mantan rekan main Cech di Chelsea, Frank Lampard menjadi calon kuat pengganti Sarri setelah sukses mengantarkan Derby County ke final playoff Championship pada musim pertamanya di klub ini, demikian Reuters.

Baca juga: Mimpi Cech tampil di final bersama Arsenal terwujud
 

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2019