Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menanamkan pesan perubahan wajah Jakarta melalui mural yang diresmikan di terowongan Jalan Kendal, Jakarta Pusat, Jumat.

Mural hasil karya kolaborasi antara Pemprov DKI Jakarta bersama iMural, BRI, dan Universitas Paramadina bertema "Wajah Baru" Jakarta ini merupakan salah satu rangkaian acara untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-492 Kota Jakarta.

Lukisan ini telah dilukis selama lima hari, sejak 17 Juni 2019 oleh iMural bersama Mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) dan Hima Rupakapala Universitas Paramadina.

Anies mengatakan bahwa karya ini merupakan refleksi dan contoh transformasi wajah Jakarta. Tak hanya secara fisik berupa lukisan, goresan cantik mural ini juga menggambarkan kebijakan Pemprov DKI Jakarta yang berdampak pada perilaku warganya untuk semangat berjalan kaki.

“Program ini mengirimkan pesan perubahan wajah Jakarta, yang mana merubah paradigma pelebaran jalan untuk roda menjadi jalan untuk kaki, kita ingin lebih banyak lagi pembangunan yang memprioritaskan pejalan kaki,” katanya.

Melalui mural yang dilukis dengan beragam warna tersebut, Anies berharap akan memberikan pengalaman baru bagi para pejalan kaki yang melewati terowongan.

Tak hanya sekadar melewati terowongan, para pejalan kaki yang setiap hari melintas di kawasan padat tersebut dapat sembari menikmati fasilitas artistik yang memanjakan mata.
Baca juga: Anies harap seni dipamerkan di ruang terbuka
"Kita ingin lebih banyak lagi program seperti ini karena saat kita berjalan kaki, kita berinteraksi dan berefleksi, dari rumah ke kantor bukan hanya perjalanan, tapi juga pengalaman," kata Gubernur.

Dia ingin kawasan ini memfasilitasi pengalaman baru untuk warga dan ingin warga berhenti sejenak menikmati seni atau berswafoto dengan mural-mural artistik ini.

Anies juga mengapresiasi hasil kolaborasi pemerintah dan swasta ini, sehingga menghasilkan bentuk kerjasama kolaborasi yang bermanfaat bagi warga Jakarta.

Ke depan pola kolaborasi ini akan banyak diterapkan dalam kebijakan atau program-program Pemprov DKI untuk menghadirkan Wajah Baru Jakarta.

“Apresiasi kepada para pihak atas terselenggaranya kolaborasi ini, dan para anak muda yang membawa pembaharuan, sehingga muncul karya seni yang menginspirasi,” kata Anies.
Baca juga: Anies - Sandiaga melukis mural sekitar Wisma Atlet

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019