Yunani: Turki dapat hadapi konsekuensi jika terus menantang hak Siprus

Yunani: Turki dapat hadapi konsekuensi jika terus menantang hak Siprus

Presiden China Xi Jinping berbicara dengan Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras selama berlangsungnya Second Belt and Road Forum di Balai Agung Rakyat di Beijing, China, Jumat (26/4/2019). (REUTERS/POOL)

Athena (ANTARA) - Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras, Jumat, mengatakan Turki dapat menghadapi konsekuensi dari Eropa jika pihaknya terus melakukan tindakan yang menantang hak Siprus untuk mengekplorasi gas.

"Terjadi peningkatan dalam agresi Turki, sesuatu yang tidak hanya kami amati dalam hubungan Turki dengan Yunani dan Siprus, namun juga negara-negara penting seperti Amerika Serikat dan dengan Eropa," kata Tsipras kepada awak media pada akhir KTT Uni Eropa.

Turki pada Kamis meluncurkan kapal pengeboran operasi gas alam kedua di lepas pantai Siprus. Langkah tersebut berisiko memperparah konflik dengan Siprus atas hak yuridiksi atas eksplorasi minyak dan gas.

Pada KTT Uni Eropa di Brussels, para pemimpin mengeluarkan pernyataan yang menyebutkan pengeboran yang dilakukan oleh Turki "tidak sah" dan bahwa blok tersebut "siap untuk menanggapi dengan tepat."

Sumber: Reuters

Baca juga: PM Yunani seru pemilihan dini setelah partainya kalah
Baca juga: Eropa akhirnya sepakat utangi lagi Yunani

 

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Chaidar Abdullah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Gas bercampur lumpur menyembur, ponpes di Pekanbaru rusak berat

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar