counter

Pemkot Palembang dorong produk UMKM berdaya saing hingga internasional

Pemkot Palembang dorong produk UMKM berdaya saing hingga internasional

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru (tengah) didampingi Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnaen Adinegara (tiga kanan) dan Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda (kedua kanan) meracik kopi di stan Bank Indonesia pada Palembang Expo di halaman Kantor DPRD Provinsi Sumsel Palembang, Sumsel, Kamis (20/6/2019). Palembang Expo yang digelar untuk merayakan Hari Jadi Kota Palembang ke-1336 ini diikuti sejumlah UMKM lokal dan luar daerah. ANTARA FOTO/Feny Selly/wsj. (ANTARA FOTO/FENY SELLY)

Pelaku UMKM di kota ini sebagian besar jalan di tempat, melihat kondisi ini perlu didorong dengan berbagai program bantuan dan pembinaan
Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan mendorong pelaku dan produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di daerah itu berkembang dan berdaya saing hingga tingkat internasional.

"Pelaku UMKM di kota ini sebagian besar jalan di tempat, melihat kondisi ini perlu didorong dengan berbagai program bantuan dan pembinaan," kata Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda di Palembang, Sabtu.

Program bantuan dan pembinaan untuk memotivasi pelaku UMKM yang tersebar di wilayah 18 kecamatan telah banyak dilaksanakan.

Pemkot Palembang pada tahun 2019 ini berupaya meningkatkan program bantuan modal pengembangan usaha bagi pelaku UMKM.

Sejak dua tahun terakhir pihaknya mengucurkan program bantuan modal usaha tanpa agunan masing-masing sebesar Rp3 juta kepada pelaku UMKM.

Program tersebut pada awalnya diberikan kepada 1.000 pelaku UMKM, melihat besarnya manfaat program tersebut, pada tahun 2019 ini diupayakan lebih banyak lagi yang bisa mendapatkan bantuan itu.

Untuk menyalurkan bantuan modal usaha bagi UMKM, pihaknya menggandeng BPR Palembang sehingga bisa lebih tertib pengelolaan dananya.

Selain membantu modal usaha, pihaknya juga berupaya melakukan pembinaan dan membantu memasarkan produk yang dihasilkan pelaku UMKM di berbagai kegiatan lokal, nasional dan internasional.

"Melalui upaya tersebut diharapkan pelaku UMKM bisa tumbuh berkembang dan memiliki daya saing yang besar sehingga produknya bisa dipasarkan ke berbagai daerah di Tanah Air bahkan keluar negeri," ujar Fitrianti.

Baca juga: Kemendag dorong UMKM kembangkan produk ekspor

Baca juga: Akutuku.com jadi pemasaran daring produk kerajinan UMKM

Baca juga: Museum Timah Indonesia bangun galeri produk UMKM

 

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Dubes RI untuk Azerbaijan puji produk UMKM asal Malang

Komentar