Jakarta (ANTARA) - Lewis Hamilton melaju secara sensasional pada putaran terakhirnya dan mengamankan posisi teratas untuk ketiga kalinya di musim ini setelah berhasil menduduki posisi pertama di kualifikasi Grand Prix Prancis.

Hamilton juga mengalahkan rekan setimnya di Mercedes, yaitu Valtteri Bottas, dan mengungguli Ferrari yang harus berpuas diri di posisi ketiga dengan pebalap Charles Lecrerc.

Hamilton memastikan waktu terbaik pada putaran pertamanya dan kemudian menjadi lebih baik di putaran kedua dengan catatan trek baru, hampir tiga persepuluh detik lebih cepat dari Bottas yang membuat kesalahan pada putaran terakhirnya, menurut laporan formula1.com, Sabtu.

Baca juga: Mercedes dominasi sesi latihan bebas GP Prancis

Leclerc yang menjadi pebalap utama Ferrari berada tiga persepuluh detik lebih jauh dari Hamilton, sedangkan Sebastian Vettel yang menjadi rekan setimnya gagal menetapkan waktu putaran di putaran pertamanya dan berakhir dengan menempati posisi ketujuh.

McLaren mencurahkan kinerja terbaiknya di kualifikasi selama bertahun-tahun, yang hasilnya di GP Prancis menempatkan Lando Norris dan Carlos Sainz masing-masing di posisi kelima dan keenam.

Duo Mclaren itu menggunakan ban tipe lunak dan sedang di sepanjang sesi kualifikasi.

Daniel Ricciardo dari Renault memberikan hasil terbaiknya bagi tim kandang ini dengan berada di start kedelapan, di atas Pierre Gasly dan Antonio Giovinazzi.

Baca juga: FIA tolak permintaan Ferrari untuk meninjau ulang penalti Vettel
Baca juga: Soal penalti Vettel, Ferrari temui steward F1 jelang GP Prancis

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2019