Jakarta (ANTARA) - Sejumlah pengunjung yang ingin merayakan HUT Jakarta ke-492 di Tugu Monas kecewa setelah mendapatkan informasi bahwa kunjungan wisata untuk umum di kawasan tersebut ditutup pukul 21.30 WIB.

"Pengunjung kawasan Monumen Nasional kami beritahukan waktu kunjungan anda sudah berakhir," ujar salah seorang petugas menggunakan pengeras suara di dalam kawasan Monas, Jakarta Pusat, Sabtu.

Pengumuman tersebut disambut teriakan kecewa oleh sejumlah pengunjung, salah satunya Maryani. Perempuan asal Jagakarsa, Jakarta Selatan tersebut kecewa, lantaran baru tiba di kawasan Monas sekitar pukul 21.00 WIB.

"Ini saya belum ada setengah jam di dalam, sudah di suruh ke luar, bagaimana ini?" ucap dia dengan nada kesal.

Perempuan yang datang bersama suami dan dua anaknya itu mengatakan, dalam rangka merayakan HUT DKI Jakarta, pihak pengelola Monas seharusnya memberikan kelonggaran waktu operasional, setidaknya hingga pukul 24.00 WIB.

Menurut dia, perayaan ulang tahun Jakarta seperti ini merupakan momen spesial yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Pihak pengelola Monas, kata dia, harusnya mengakomodir hal tersebut dengan memperpanjang waktu operasional Monas

"Kalau hari-hari biasa okelah jam 21.30 WIB tutup, tapi ini kan lagi perayaan HUT Jakarta, masa jam segini sudah tutup?" kata dia.

Kekecewaan yang sama juga dirasakan oleh Beni dan tiga orang temannya. Mereka dihalau keluar Monas oleh petugas yang berjaga.

"Ini saya baru mau masuk, tapi tadi di depan gerbang ditahan petugas buat masuk ke dalam, katanya Monas sudah tutup," kata Beni.

Beni mengaku cukup kecewa lantaran telah menempuh perjalanan yang cukup jauh dari rumahnya di kawasan Pondok Ungu, Bekasi.

Dia berharap pengelola Monas bisa memberikan pemberitahuan terlebih dahulu terkait jam operasional Monas pada perayaan HUT Jakarta, agar masyarakat yang berkunjung bisa mengatur waktu kunjungan terlebih dahulu.

"Ya lain kali bisa ada pengumumannya jauh-jauh hari, jadi kita yang mau ke sini bisa datang lebih agak sorean," kata dia.

Sementara itu seorang petugas yang menjaga pintu gerbang masuk kawasan Monas mengatakan bahwa penutupan kawasan Monas pada pukul 21.30 WIB merupakan kebijakan pengelola.

Dia kemudian meminta agar masyarakat yang masih ingin merayakan HUT DKI Jakarta agar bergeser ke kawasan Bundaran Hotel Indonesia.

"Bisa pindah ke Bundaran HI, panggungnya kan ada di sana," ucap petugas yang enggan menyebutkan namanya tersebut.

Baca juga: Pasha nyanyikan hits "Ungu" di HUT DKI Jakarta

Baca juga: Kawasan HI padat, warga rayakan HUT Jakarta di Monas

Baca juga: Gedung Perpusnas jadi kantong parkir pengunjung Monas

Pewarta: Fathur Rohman
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019