Jakarta (ANTARA) - Uganda mengakhiri penantian 41 tahun memenangi sebuah pertandingan Piala Afrika setelah menaklukkan Republik Demokratik Kongo 2-0 Sabtu malam tadi dalam pertandingan Grup A di Kairo.

Si Bangau terakhir kali memenangi pertandingan Piala Afrika pada Maret 1978 ketika mengalahkan Nigeria dalam semifinal sebelum kalah pada final melawan tuan rumah Ghana.

Sejak itu Uganda tidak pernah lagi lolos ke putaran final Piala Afrika sampai dua tahun lalu di Gabon ketika prestasi terbaiknya dalam tiga pertandingan fase grup cuma bisa seri.

Uganda mengekspos pertahanan rapuh Kongo di Stadion Internasional Kairo untuk mencetak dua gol lewat Patrick Kaddu dan Emmanuel Okwi.

Menang dengan dua gol ini melesatkan Uganda ke puncak klasemen di atas tuan rumah Mesir dengan selisih gol.

Baca juga: Mesir awali Piala Afrika dengan kemenangan tipis atas Zimbabwe

Uganda yang berperingkat FIFA jauh di bawah Kongo sudah mengungguli Kongo pada menit ke-14 ketika Kaddu menanduk sebuah tendangan penjuru yang tidak bisa dihalau penjaga gawang Ley Matampi.

Uganda terlihat lebih lapar kemenangan dan lebih mendominasi penguasaan bola ketimbang Kongo yang sudah dua kali menjuarai Piala Afrika.

Uganda kembali mencetak gol pada menit ke-48 lewat tendangan bebas Okwi, dan nyaris menciptakan satu gol lagi ketika tendangan bebas Farouk Miya berhasil dihalau Matampi.

Pelatih Kongo Florent Ibenge berusaha membalikkan pendulum pertandingan dengan memasukkan Jonathan Bolingi dan Jacques Maghoma, tetapi gaga menghindarkan kekalahan dari Uganda, demikian AFP.

Baca juga: Naby Keita siap turun membela Guinea

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2019