Banda Aceh (ANTARA) - Tujuh objek wisata di Provinsi Aceh masuk nominasi dari 18 kategori yang diperlombakan pada Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019, kata pejabat setempat.

“Nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019 menjadi momentum untuk mempromosikan atraksi wisata Aceh baik alam, budaya, dan kuliner bagi masyarakat nasional maupun internasional yang didukung melalui voting,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Jamaluddin di Banda Aceh, Minggu.

Ia menjelaskan ketujuh objek wisata tersebut masing-masing Sate Apalah Geurugok, Kabupaten Bireuen masuk nominasi makanan tradisional, Manggrove Forest Park, Kota Langsa masuk nominasi ekowisata dan Kerawang Gayo, Kabupaten Gayo Lues masuk nominasi cinderamata.

Selanjutnya Rabbani Wahed, Kabupaten Bireuen masuk nominasi atraksi budaya, Kilometer Nol, Kota Sabang masuk nominasi destinasi unik, Tensaran Bidin, Kabupaten Bener Meriah masuk nominasi surga tersembunyi, dan Sabang Marine masuk nominasi festival pariwisata.

Ia mengajak seluruh masyarakat dapat berperan aktif untuk ikut memilih agar salah satu atraksi wisata Aceh menjadi juara pada nominasi Anugerah Pesona Indonesia 2019.

“Kita berharap tujuh objek wisata Aceh yang masuk nominasi dapat membawa Aceh meraih anugerah API 2019,” katanya.

Kabid Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Rahmadhani menambahkan dukungan yang diperlukan dari masyarakat cukup dengan vote API Award 2019 melalui SMS dengan cara ketik API (spasi) kode kirim ke 99386 atau download aplikasi API Award di playstore.

Periode Pemungutan suara (voting) akan dilaksanakan pada tanggal 1 Juni 2019 hingga 31 Oktober 2019 dan video pariwisata di Youtube Channel API award. Aplikasi API yang dapat diunduh (download) pada Google Playstore.

API diadakan untuk mengakomodasi perkembangan pariwisata nusantara serta memperkenalkannya kepada dunia.

Baca juga: Belasan ribu wisatawan kunjungi Sabang
Baca juga: Pemko Sabang buka pendaftaran duta wisata


 

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019