Survei Kemenag, selalu saja berita haji mendapat minat tinggi,
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) menyediakan informasi haji terkini termasuk seluk-beluk penyelenggaraan haji melalui Media Center Haji (MCH).

Sekretaris Jenderal Kemenag M. Nur Kholis Setiawan dalam acara Pembekalan Petugas Media Center Haji 1440 H/2019 di Kantor Kemenag di Jakarta, Senin, mengatakan pihaknya membentuk MCH dengan para petugas sebanyak 30 orang terdiri dari wartawan dan fotografer yang diseleksi dari berbagai media di Indonesia.

“MCH ini signifikan karena menjadi sarana bagi jemaah haji dan publik untuk memperoleh informasi haji terkini dan seluk beluk penyelenggaraan ibadah haji,” katanya.

Pemberitaan yang dihasilkan petugas MCH yang merupakan bagian dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2019 dapat diakses melalui sejumlah media nasional termasuk www.antaranews.com sebagai bagian dari MCH 2019 maupun melalui website resmi Kemenag yakni www.kemenag.go.id.

Maka, kata dia, MCH juga menjadi sarana untuk membangun pemahaman jemaah terkait proses dan layanan haji.

“Melalui MCH juga dibangun pemahaman melalui pemberitaan yang diharapkan akan berdampak terhadap penilaian jamaah pada indeks kepuasan pelayanan haji,” katanya.

Pihaknya sendiri melihat signifikansi MCH dalam penyelenggaraan haji sangat penting mengingat keluarga jamaah haji Indonesia sangat haus informasi tentang seluruh prosesi haji di Saudi.

“Survei Kemenag, selalu saja berita haji mendapat minat tinggi,” katanya.

Oleh karena itu, Kemenag berupaya membekali para petugas MCH pada musim haji tahun ini melaporkan pemberitaan terkait haji yang lebih variatif, dari sisi konten maupun bentuk.

“Dari sisi konten tidak semata hard news, tetapi juga menyentuh aspek kekhusyuan, kehidmatan, dan kebahagiaan jamaah dalam menjalani ibadah haji,” katanya.

Sementara dari sisi bentuk mencakup teks, foto humanis, serta info dan videografis sehingga informasinya mudah dipahami semua kalangan, termasuk kaum milenial, kata dia.


Baca juga: Calon haji Jawa Barat terbanyak se-Indonesia
Baca juga: BPKH tolak tudingan gunakan dana haji untuk infrastruktur
 

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019