Cargolux merupakan maskapai kargo Eropa pertama yang memasuki Indonesia
Jakarta (ANTARA) - JAS Airport Services (JAS) mulai menangani penerbangan terjadwal maskapai kargo Eropa Cargolux dengan rute Luksemburg – Jakarta sebanyak satu kali seminggu (tiap Senin).

Cargolux melakukan terbang perdana dan tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Senin siang (24/06) dan disambut dengan water salute.

Selanjutnya, JAS melakukan proses loading / unloading pesawat freighter Boeing 747F yang menbawa total kargo seberat 77,395 ton, mengangkut 25 ekor kuda dan berbagai suku cadang.

Cargolux merupakan maskapai kargo Eropa pertama yang memasuki Indonesia.

Presiden Direktur JAS Airport Services Adji Gunawan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin menuturkan kebanggaannya telah terpilih sebagai mitra Cargolux yang juga merupakan anggota Asosiasi Maskapai Eropa (AEA) dan Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA).

“Ini merupakan kontrak bisnis pertama yang diraih JAS di tahun 2019. Suatu kebanggaan bagi kami dapat terpilih dalam memberikan layanan ramp dan angkutan kargo bagi maskapai kargo terbesar Eropa ini. Sudah menjadi komitmen JAS dari dulu untuk terus dapat berkontribusi dalam dunia logistik di Indonesia, " katanya.

Head Corporate Communications Cargolux Sigurdardottir Moa menjelaskan alasan mengapa mereka bermitra dengan JAS, di antaranya adalah pengalaman JAS selama 35 tahun lebih dalam menangani penanganan di darat dan kargo (ground dan cargo handling) berbagai pesawat kargo (freighter).

Faktanya, gudang JAS memang dilengkapi dengan pemantauan CCTV, fasilitas penanganan cepat, ruang dingin, strong room, penyimpanan barang berbahaya, ruang hewan (pet shelter), dual X-Ray dan asuransi kargo.

JAS juga memiliki aplikasi Playstore yaitu JAS Cargo Apps untuk memudahkan pelanggan memantau pengiriman barang.

JAS juga memiliki sertifikasi ISAGO (IATA Safety Audit for Ground Operations) dan sertifikat RA3 yang sesuai aturan Uni Eropa.

"Sebelumnya, JAS telah sukses menangani pesawat carter kami ke Jakarta sebanyak empat kali terkait Asian Games 2018. Saat itu kami mengangkut banyak kuda. Fasilitas gudang JAS juga lengkap," kata Sigurdardottir Moa.

Menjadi maskapai satu-satunya yang terbang antara Eropa dan Indonesia, Cargolux bisa mengangkut kargo sampai 200-300 ton per bulan.

Komoditas kargo impor biasanya meliputi peralatan minyak dan gas, mesin dan suku cadang, barang berbahaya, hewan hidup, bahan baku, bahan mudah rusak, pakaian serta kargo konsolidasi.

Sedangkan untuk kargo ekspor, Cargolux mengangkut mesin pesawat terbang, mesin industri, pakaian, alas kaki, farmasi serta peralatan minyak dan gas.

Sigurdardottir Moa mengatakan bahwa Jakarta telah menjadi tujuan ke-16 dari jaringan Asia Pasifik (APAC) Cargolux karena Jakarta dianggap sebagai salah satu pintu gerbang utama untuk produk-produk Eropa yang ditujukan untuk pasar ASEAN. Cargolux memiliki jaringan seluruh dunia yang mencakup lebih dari 75 tujuan.

"Sebelumnya kargo diangkut melalui jaringan kami di Malaysia atau Singapura. Dengan meningkatnya permintaan dari para pelanggan di Jakarta, kami percaya ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan ekspansi jaringan ke Jakarta," menurutnya.

Baca juga: PT Jas-Pos jajaki kerja sama terkait kargo Bandara Kertajati
Baca juga: JAS alami penurunan volume akibat kenaikan tarif kargo


Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019