Jakarta (ANTARA/JACX) - Sebuah informasi tersebar melalui media sosial mengenai surat dari Sekretaris Utama Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang isinya memberitahukan mengenai rencana pelaksanaan proses verifikasi dan validasi data terkait dengan rencana pemberian nomor induk pegawai CPNS.

Dalam unggahan itu ditampilkan surat dengan kop surat BKN dengan tandatangan dari Sekretaris Utama BKN tercantum nama Supranawa Yusuf.

Klaim    : Informasi mengenai verikasi data dan validasi yang dilakukan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) 
Rating  : Salah/Disinformasi

Penjelasan :
Kepala Biro Hubungan Masyarakat Mohammad Ridwan dalam keterangan yang disampaikan melalui situs resmi BKN mengatakan bahwa informasi terkait rencana pelaksanaan proses verifikasi dan validasi data terkait dengan rencana pemberian nomor induk pegawai CPNS adalah tidak benar.

Ia meminta masyarakat untuk berhati-hati bila ada pemberitahuan dan mencek dahulu kepada BKN melalui saluran komunikasi yang ada dan bisa juga mencek akun media sosial resmi yang dimiliki dan dikelola oleh BKN.

Cek fakta   : http://www.bkn.go.id/berita/hati-hati-surat-palsu-mengatasnamakan-sekretaris-utama-bkn
 
Tangkapan layar klarifikasi informasi hoaks Direktorat Pengendalian Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Pewarta: Tim JACX dan Kemkominfo
Editor: Arie Novarina
Copyright © ANTARA 2019