Pangkalpinang (ANTARA) - Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah mengundang 445 peserta Apresiasi Tenaga Kependidikan (GTK) PAUD dan Dikmas Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat Nasional 2019 berwisata menikmati keindahan keindahan alam pantai dan kuliner khas daerah itu.

"Kita berharap para peserta berwisata dan menikmati kuliner Bangka Belitung tidak kalah dengan provinsi lainnya," kata Abdul Fatah saat membuka Apresiasi Tenaga Kependidikan (GTK) PAUD dan Dikmas Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat Nasional 2019 di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan Bangka Belitung memiliki banyak potensi wisata dari 550 pulau yang tersebar di Bangka dan Belitung. Ada sektor perikanan, pertambangan dan perkebunan yang juga menjadi potensi unggulan daerah ini.

Selain itu kuliner khas daerah ini juga sangat digemari para wisatawan seperti lempah kuning, otak-otak, mie koba dan kuliner lainnya. Begitu juga cinderamata dan kerajinan tangan masyarakat juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh ke daerahnya.

Baca juga: Wagub Babel buka Apresiasi GTK PAUD se-Indonesia

"Selama disini peserta juga dapat melihat keragaman budaya, keramahtamahan dan kebersamaan masyarakat Babel, sehingga bisa saling menjalin silaturahmi antara satu sama lain," ujarnya.

Menurut dia, dengan adanya kegiatan ini juga dapat meningkatkan perekonomian kerakyatan, karena peserta tentu membeli berbagai aneka makanan khas, kerajinan dan cindramata khas daerah ini seperti pewter, kopiah resam, satam dan lainnya," ujarnya.

"Kita berharap peserta yang mengunjungi objek wisata daerah ini juga mempromosikan ke daerah asalnya, untuk membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kunjungan wisata di daerah ini," katanya.

Baca juga: Pameran GTK PAUD se-Indonesia dibuka Wagub Babel

Ia menambahkan kegiatan apresiasi GTK Paud dan Dikmas berprestasi dan berdedikasi tingkat nasional tahun 2019 berlangsung pada 23-28 Juni 2019 dan diikuti 445 peserta dari seluruh provinsi di-Indonesia.

"Kami mengapresiasi dan berterima kasih kepada Kemendikbud yang telah mempercayakan Babel sebagai tuan rumah ajang bergengsi ini," katanya.

Pewarta: Aprionis
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2019