Info haji

4.359 Calhaj Aceh ikuti bimbingan manasik haji tahap akhir

4.359 Calhaj Aceh ikuti bimbingan manasik haji tahap akhir

Ratusan jamaah calon haji asal Aceh sedang mengikuti pembekalan di Asrama Haji Aceh sebelum pemberangkatan ke Tanah Suci di Arab Saudi musim haji tahun 2018. Foto: Kemenag Aceh

Kemenag Aceh telah mengirimkan sebagian besar dengan total 4.246 dokumen paspor CalhajĀ Aceh ke Jakarta, dan kini menunggu proses terbitnya visa oleh Kedutaan Besar Arab Saudi.
Banda Aceh (ANTARA) - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Aceh menyatakan, 4.359  calon haji (Calhaj) reguler asal provinsi ini sedang mengikuti bimbingan manasik haji tahap akhir yang digelar di 23 kabupaten/kota se-Aceh.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Aceh, Samhudi di Banda Aceh, Senin (24/6), memastikan rangkaian kegiatan manasik asal Aceh telah dimulai usai libur panjang Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

"Jadi, adwal manasik telah di mulai hari Senin (10/6) dua pekan lalu. Kini jamaah kita (Aceh), mayoritas sedang menggelar manasik di daerah sebelum pemberangkatan ke Arab Saudi," terangnya.

Ia mengaku, berbagai jadwal dan tahapan sebagian besar sebelum pemberangkatan ke tanah suci di Arab Saudi telah dilalui oleh Calhaj Aceh reguler di antaranya, seperti pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) 2019 hingga tiga tahap.

Pihaknya juga telah mengirimkan sebagian besar dengan total 4.246 dokumen paspor Calhaj Aceh ke Jakarta, dan kini menunggu proses terbitnya visa oleh Kedutaan Besar Arab Saudi.

Baca juga: 4.359 Calhaj Aceh ikuti bimbingan manasik haji tahap akhir

Kanwil Kemenag Aceh miliki data sementara Calhaj asal Aceh reguler meunaikan rukun Islam kelima di musim haji tahun ini terdiri 4.359 jumlah kuota awal, 258 kuota tambahan, 3 Calhaj Aceh yang keluar embarkasi, 21 Calhaj provinsi lain masuk embarkasi Aceh, 34 Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD), dan 60 petugas bagi 12 kloter.

"Jadwalnya, telah disusun. Tetapi yang pasti, kita berharap manasik haji itu tuntas sebelum jamaah berangkat," tegas Samhudi.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kemenag Aceh Utara, Asnawi sebelumnya mengaku, pelaksanaan bimbingan manasik haji yang digelar ditingkat kecamatan se-Aceh Utara telah berakhir pada Ahad (23/6).

Ia mengatakan, kegiatan manasik di wilayah kabupaten tersebut telah ditentukan di tujuh lokasi di antaranya Muara Batu, Dewantara, Nisam, Syamtalira Aron, Tanah Luas, Lhoksukon, dan Seunuddon.

"Seluruh Calhaj kecamatan di Aceh Utara, kami ingatkan kembali agar mengikuti bimbingan manasik haji dilaksanakan tingkat kabupaten pada Rabu dan Kamis (26-27/6) bertempat di Masjid Mideun Syuhada, Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara," ungkapnya.

Baca juga: Manasik akbar digelar calon haji Deliserdang, Sumut

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Ridwan Chaidir
COPYRIGHT © ANTARA 2019

646 Calhaj Kendari gelar manasik mandiri perdana

Komentar