counter

Bursa Wall Street ditutup bervariasi jelang pidato Ketua Fed

Bursa Wall Street ditutup bervariasi jelang pidato Ketua Fed

Wall Street (reuters.com) (reuters.com/)

Para pelaku pasar percaya bahwa pemotongan suku bunga Fed akan menjadi kepastian pada Juli
New York (ANTARA) - Saham-saham di bursa Wall Street bervariasi pada akhir perdagangan Senin (Selasa pagi WIB), karena investor menunggu pernyataan Ketua Federal Reserve Jerome Powell untuk mencari lebih banyak petunjuk tentang langkah kebijakan moneter bank sentral berikutnya.

Indeks Dow Jones Industrial Average naik tipis 8,41 poin atau 0,03 persen, menjadi ditutup di 26.727,54 poin. Indeks S&P 500 turun 5,11 poin atau 0,17 persen, menjadi berakhir di 2.945,35 poin. Indeks Komposit Nasdaq ditutup 26,01 poin atau 0,32 persen lebih rendah, menjadi 8.005,70 poin.

Pekan lalu, The Fed memutuskan untuk mempertahankan suku bunga federal fund (federal funds rate/FFR) stabil di 2,25 persen hingga 2,5 persen, namun mengisyaratkan kemungkinan penurunan suku bunga tahun ini, mengatakan akan bertindak sewajarnya untuk mempertahankan ekspansi.

Para pelaku pasar percaya bahwa pemotongan suku bunga Fed akan menjadi kepastian pada Juli, karena probabilitas "pelonggaran" dalam suku bunga The Fed tetap 100 persen pada Senin (24/6/2019), menurut alat FedWatch CME Group.

Powell dijadwalkan akan membahas tantangan yang dihadapi ekonomi AS dan kebijakan-kebijakan bank sentral pada Dewan Hubungan Luar Negeri di New York City pada Selasa waktu setempat.

Di sisi ekonomi, dilansir Xinhua, investor terus mencerna data terbaru yang keluar lebih lemah dari yang diharapkan. Indeks Output Komposit IHS dari IHS Markit Flash yang disesuaikan secara musiman, turun menjadi 50,6 pada Juni dari 50,9 pada bulan sebelumnya.

Angka tersebut menandai ekspansi aktivitas bisnis terlemah selama lebih dari tiga tahun, karena pertumbuhan output sektor swasta negara itu telah menurun sejak Februari, karena kondisi ekonomi domestik yang kurang menguntungkan dan kecenderungan untuk penghindaran risiko yang lebih besar.

Baca juga: Indeks IBEX-35 Spanyol ditutup melemah 0,38 persen
Baca juga: Bursa saham Inggris menguat, Indeks FTSE-100 berakhir naik 0,12 persen
Baca juga: Bursa saham Jerman merosot, Indeks DAX-30 ditutup turun 0,53 persen

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar