Dewan eksekutif mencatat bahwa rasio utang publik terhadap PDB AS berada di jalur yang tidak berkelanjutan
Washington (ANTARA) - Dewan Eksekutif Dana Moneter Internasional (IMF) pada Senin (24/6/2019) memperingatkan akan peningkatan risiko jangka menengah terhadap ekonomi Amerika Serikat, dengan mencatat bahwa "pembalikan tiba-tiba" dari kondisi pasar keuangan yang mendukung baru-baru ini atau mendalamnya sengketa perdagangan yang sedang berlangsung merupakan risiko material terhadap ekonomi AS.

"Sistem keuangan tampak sehat tetapi kerentanan pada leverage korporasi dan, berpotensi, dalam sistem nonbank dinaikkan oleh standar-standar historis," kata dewan eksekutif IMF dalam sebuah pernyataan setelah mengakhiri konsultasi Pasal IV tahunannya untuk meninjau ekonomi AS.

Dewan eksekutif mencatat bahwa rasio utang publik terhadap PDB AS berada di jalur yang tidak berkelanjutan dan diperkirakan akan terus meningkat selama jangka menengah, karena pengeluaran terkait penuaan meningkat.

Pernyataan tersebut, yang datang beberapa hari setelah pernyataan penutup yang menggambarkan temuan awal konsultasi, mengatakan konsultasi tersebut berfokus pada kebijakan yang diperlukan untuk mengatasi risiko ini, menjaga stabilitas keuangan, mendukung standar hidup bagi masyarakat berpenghasilan rendah dan menengah. rumah tangga, dan membangun kembali ruang fiskal.

PDB riil AS diperkirakan akan tumbuh pada tingkat tahunan 2,6 persen tahun ini, sebelum turun moderat menjadi 1,9 persen pada 2020, menurut pernyataan itu.

"Kewaspadaan yang berkelanjutan, kebijakan ekonomi makro yang hati-hati, dan reformasi di sisi pasokan akan sangat penting untuk mengamankan pertumbuhan yang kuat, seimbang, dan inklusif, menghasilkan dampak positif ke seluruh dunia," kata dewan eksekutif IMF, dikutip dari Xinhua.

Meskipun hasil ekonomi makro positif, dewan eksekutif mengatakan "manfaat dari ekspansi selama satu dekade ini belum dibagikan seluas mungkin," mendesak pemerintah AS untuk mengatasi peningkatan ketimpangan pendapatan dan meningkatkan hasil sosial.

Pada kebijakan moneter, dewan eksekutif menyambut jeda Federal Reserve dalam penyesuaian suku bunga, dan setuju bahwa setiap kenaikan lebih lanjut dalam suku bunga federal fund harus ditunda sampai ada tanda-tanda yang lebih jelas dari upah atau inflasi harga.

Dalam sebuah pernyataan setelah mengakhiri pertemuan kebijakan dua hari pekan lalu, The Fed menahan kisaran target untuk suku bunga federal fund tidak berubah pada 2,25 persen hingga 2,5 persen, menyoroti peningkatan "ketidakpastian" tentang prospek ekonomi AS dan membuka pintu untuk menurunkan suku bunga di waktu mendatang.

Dewan eksekutif IMF juga mendorong Amerika Serikat untuk bekerja secara konstruktif dan kooperatif dengan mitra dagangnya untuk mengatasi distorsi dalam sistem perdagangan dan menyelesaikan ketegangan perdagangan dengan cara yang meningkatkan sistem perdagangan internasional berbasis aturan yang lebih terbuka, stabil, dan transparan.

Baca juga: WTO: Pembatasan perdagangan di antara G20 berlanjut pada level tinggi
Baca juga: Ketua IMF: Ketegangan perdagangan tidak menguntungkan siapa pun
Baca juga: IMF: Tarif pemerintah Trump rusak sistem perdagangan global

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019