Semarang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Pekerjaan Umum, Sumber Daya Air Dan Penataan Ruang berupaya menjaga debit air puluhan waduk yang tersebar di sejumlah daerah sebagai persiapan menghadapi kekeringan pada musim kemarau.

"Kami berupaya menjaga debit air di waduk-waduk yang debitnya terus mengalami penurunan saat memasuki musim kemarau," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Sumber Daya Air, dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Tengah, Eko Yunianto di Semarang, Selasa.

Ia mengungkapkan sedikitnya ada 41 waduk di Jateng yang mengalami penurunan debit air pada awal musim kemarau tahun ini, bahkan penurunan sudah mencapai 24 persen debit air.

Contoh waduk yang sudah mengalami penurunan debit air antara lain, Waduk Malahayu, Waduk Cacaban, Waduk Kedungombo, Waduk Wadaslintang, Waduk Jatibarang, Waduk Penjalin, Waduk Jombor hingga Waduk Tempuran.

Baca juga: Pemerintah pastikan tak ada satu pun waduk yang kering

"Penurunan debit air terparah terjadi di Waduk Tempuran," ujarnya.

Eko mengungkapkan jajarannya sedang mempercepat proses pemeliharaan 41 waduk di 35 kabupaten/kota untuk menjaga aliran air ke lokasi pertanian tetap berfungsi dengan baik sekaligus memperkuat daya tampung waduk agar tetap terjaga.

"Paling tidak kami sudah memelihara 41 waduk atau setara 1,8 miliar meter per kubik agar daya tampung air dapat terjaga," katanya.

Menurut dia, penurunan debit air di waduk-waduk tersebut sesuai dengan informasi peringatan dini dari BMKG yang menyebutkan bahwa musim kemarau pada 2019 akan berlangsung cukup panjang hingga mencapai tujuh bulan.

Baca juga: Waduk di Lamongan cukup hadapi kemarau

"Saat ini tidak hanya waduk saja, sungai juga mengalami penyusutan debit air," ujarnya.

Ia berpendapat dengan kondisi irigasi di negara kita yang masih mengandalkan aliran air sungai, maka menyebabkan kebutuhan air untuk lahan pertanian semakin menurun saat musim kemarau.

"Sekarang sudah terasa ada banyak keluhan petani yang kekurangan pasokan untuk air irigasinya," katanya.

Baca juga: Jabar prioritaskan hujan buatan di kawasan bendungan

Terkait dengan hal itu, Eko mengaku sudah berkoordinasi dengan beberapa pihak terkait untuk menanggulangi persoalan kekeringan di Jateng.

"Kami memperkuat koordinasi dengan teman-teman kabupaten/kota karena harus kita sadari kalau itu bukan bersumber dari waduk, ya hanya bisa mengandalkan dari air yang mengalir. Apapun itu kita harus ada upaya yang maksimal untuk menolong para petani," ujarnya.

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2019