ini mempromosikan NTT di tingkat dunia
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur mengirim sebanyak 14 penari dari kalangan anak muda yang berasal dari Kabupaten Sabu Raijua untuk menampilkan atraksi kesenian dalam ajang Festival Wonderful Indonesia yang digelar di Oslo, Norwegia pada 29-30 Juni mendatang.

Belasan penari pelajar yang didampingi Bupati Sabu Raijua Nikodemus Rihi Heke diberangkatkan dari Kota Kupang dalam kegiatan pelepasan oleh pemerintah provinsi yang diwakili Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTT, Wayan Darmawa, di Rumah Jabatan Gubernur NTT, Selasa.

"Ini adalah peristiwa strategis terutama sebagai bagian dari upaya mendorong, mempromosikan NTT di tingkat dunia," kata Wayan Darmawa kepada wartawan dalam kegiatan pelepasan itu.

Ia mengatakan, para penari muda itu telah dibimbing secara intensif dari Pemerintah Kabupaten Sabu Raijua dan menerima pembekalan dari Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi.

Di Oslo, lanjutnya, mereka akan menampilkan sebanyak empat tarian dalam kegiatan yang digelar Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di antaranya Padoa, Ledo Hawu, Hab'ba Ko'o Rai, dan Pedogo Aru.

Wayan mengatakan, pengiriman tim kesenian ini merupakan bagian dari upaya menggenjot promosi pariwisata untuk mendatangkan wisatawan asing ke NTT dengan target mencapai 1,5 juta orang.

"Itu target rendahnya, target besarnya 3 juta wisatawan, dan tentu di dalamnya Sabu Raijua menjadi bagian penting dari sasaran kunjungan wisatawan," kata Mantan Kepala Bappeda Provinsi NTT itu.

Untuk itu, pihaknya berharap dengan persiapan yang memadai dan dukungan dari pemerintah daerah, para peserta bisa tampil secara maksimal. "Sehingga ini menjadi pionir untuk keterlibatan kita pada berbagai event besar selanjutnya," katanya.

Wayan menambahkan, pengiriman tim kesenian ke luar negeri ini merupakan event yang pertama diikuti NTT dan selanjutnya akan dilakukan dalam kegiatan-kegiatan lainnya.

"Selanjutnya juga ada kegiatan Expo di New Zealand dan event  lebih lanjut di luar negeri yang bisa kita ikuti," katanya.* 


Baca juga: Indonesia jadi magnet di pameran pariwisata Norwegia
Baca juga: Tiket.com kerja sama dengan Kemenpar promosi Wonderful Indonesia
 

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019