Kompetisi triathlon Ironman 70.3 kembali digelar di Bintan

Kompetisi triathlon Ironman 70.3 kembali digelar di Bintan

(Dari kiri ke kanan) General Manager PT Bintan Resort Cakrawala Abdul Wahab, CEO Metasport Nathalie Marquet, Kadisbudpar Kabupaten Bintan Wan Rudy Iskandar dan Kepala Corporate Communication PT Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk. Stefanus Indrayana memamerkan kaos kompetisi Ironman 70.3 Bintan di Jakarta, Selasa. ANTARA/Aditya E.S. Wicaksono.

Jakarta (ANTARA) - Pulau Bintan di Provinsi Kepulauan Riau kembali mengundang atlet triathlon amatir untuk berpartisipasi di ajang Indofood Ironman 70.3 yang memasuki tahun kelimanya pada 25 Agustus 2019.

Kompetisi dunia triathlon jarak jauh ini terbuka bagi atlet amatir maupun amatir elit untuk berlaga memperebutkan slot di Kejuaraan Dunia Ironman 70.3 yang akan diadakan di Taupo, Selandia Baru pada 2020 mendatang.

"Ini merupakan kesempatan terbaik bagi atlet triathlon terbaik untuk mendapatkan slot di kejuaraan dunia. Ada peningkatan slot dari 30 di tahun 2018 menjadi 60 slot pada 2019," demikian CEO Metasport selaku penyelenggara, Natalie Marquet dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa.

Ironman 70.3 merupakan salah satu seri kejuaraan triathlon yang diatur oleh korporasi triathlon dunia WTC. Angka 70.3 tersebut mengacu kepada total jarak yang dilombakan yaitu 70,3 mil atau 113 km yang terdiri atas renang 1,9km, sepeda 90km, dan lari 21,1km.
 
Arsip - Brad Kahlefeldt dari Australia memenangi IronMan Bintan Indonesia kategori pria disusul oleh juarad kedua Mike Philips (Selandia Baru) dan Fredrik Cronberg (Swedia) di Bintan, Kepri, Minggu (23/8). IronMan Bintan Indonesia adalah lomba triathlon dengan kategori IronMan pertama di Indonesia diikuti oleh 806 triatlit dari 35 negara. (ANTARA FOTO/Yuli Seperi) ko

Panitia penyelenggara membuat dua perubahan yang kentara untuk Ironman 70.3 tahun ini.

"Perubahan pertama yaitu adanya sistem rolling start di renang," kata Marquet. Dalam hal ini, peserta akan dibagi ke dalam sejumlah grup yang terdiri atas empat orang yang akan dilepas setiap enam detik di start.

Perubahan itu menggantikan sistem start berbarengan di tahun sebelumnya.

Kemudian tahun ini panitia menyediakan sejumlah titik rain shower yang menyemprotkan air di jalur lomba untuk menyegarkan para peserta.

Plaza Lagoi, yang merupakan pusat dari pengembangan pariwisata Bintan, kembali menjadi arena lomba Ironman 70.3 satu-satunya di Indonesia itu.

"Ini merupakan peluang bagi kami untuk meningkatkan pariwisata Bintan," demikian Wan Rudy Iskandar, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bintan.

Sedikitnya 1.200 peserta dari dalam dan luar negeri ditargetkan meramaikan Indofood Ironman 70.3 di Bintan.

Dalam kompetisi tersebut, para peserta tak hanya diajak menikmati bentangan pesisir Bintan yang memukau, perbukitan hijau, namun juga memiliki kesempatan untuk menyusuri desa-desa yang ada di Bintan.

Ajang Indofood Ironman 70.3 Bintan itu juga telah ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata ke dalam lima besar kompetisi teratas di kategori "Most Valuable Tourism Event" di Indonesia.

Info registrasi kompetisi bisa diakses di laman berikut, https://www.ironmanbintan.com/rates-registration/

Baca juga: Ajang manusia super "Ironman" digelar di Bintan

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pemkot Banda Aceh targetkan pengembangan wisata olahraga

Komentar