counter

Pemprov DKI-Universitas Paramadina kerja sama pendidikan

Pemprov DKI-Universitas Paramadina kerja sama pendidikan

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, bersama Rektor Universitas Paramadina, Profesor Firmanzah, menandatangani kesepakatan bersama (MoU) antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan Universitas Paramadina di Balai Kota Jakarta, Selasa (25/06/2019). ANTARA/Susylo Asmalyah

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan Universitas Paramadina menjalin kerja sama bidang pendidikan guna menyelesaikan beragam persoalan pendidikan di Ibu Kota, termasuk penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

"Ini adalah formalisasi atas kerja sama yang sudah berlangsung. Selama beberapa waktu ini, kami dibantu oleh Universitas Paramadina, dari mulai kegiatan-kegiatan pelibatan masyarakat seperti mural, juga kemarin tim (peneliti) dari Universitas Paramadina melakukan kajian atas sistem yang kita miliki," kata Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan usai menandatangani kesepakatan bersama (MoU) bidang pendidikan bersama Rektor Universitas Paramadina, Profesor Firmanzah, di Jakarta, Selasa.

Dia menekankan, permasalahan sosial dan urban di Jakarta sangat kompleks, sehingga membutuhkan kolaborasi dari berbagai pihak termasuk institusi pendidikan tinggi seperti Universitas Paramadina.

Apalagi, lanjutnya, Universitas Paramadina selama ini telah berkontribusi besar dalam pengembangan ilmu sosial dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) di Jakarta.

"Saya berharap nanti sesudah MoU ini, akan bisa banyak lagi kegiatan yang dilakukan bersama dan kita ingin sampaikan terima kasih atas nama Pemprov DKI kepada Paramadina yang sudah ikut mendidik warga kita di Jakarta ini," kata Gubernur Anies.

Anies juga menambahkan, hal itu termasuk program Paramadina Social Responsibility, karena memang salah satu masalah terbesar yang dihadapi di Jakarta, mengenai anak-anak yang tidak bisa menyelesaikan pendidikan hingga tuntas.

Selain itu, Anies mengapresiasi kerja sama bidang pendidikan dan pelatihan yang telah berjalan dari Universitas Paramadina untuk petugas maupun pegawai PT Transjakarta melalui program peningkatan kapasitas.

Dia menilai, masih banyak petugas maupun pegawai PT Transjakarta yang belum mendapatkan gelar sarjana maupun magister sesuai dengan bidang yang dikuasainya.

"Sebetulnya, ini kesempatan bagi kampus untuk menyediakan jenis-jenis pelatihan bersertifikat yang bisa membekali mereka yang berada di dunia kerja untuk mengambil program sertifikasi, bukan sekadar program untuk meraih gelar (degree). Program degree itu program berijazah, tapi lebih ke arah bersertifikat. Ini yang sangat membantu sekali," demikian Gubernur Anies.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pemprov DKI siap tanggung pengobatan korban kericuhan

Komentar