counter

"Festival Bunaken" dorong kunjungan wisatawan ke Sulut

"Festival Bunaken" dorong kunjungan wisatawan ke Sulut

Wisatawan mancanegara sementara menikmati keindahan Danau Linow, salah satu destinasi wisata di Kota Tomohon, Sulawesi Utara (1)

Atraksi yang ditampilkan pada Festival Bunaken akan membuat semakin banyak orang mengenal Sulut dan menghabiskan waktu lebih banyak lagi di daerah ini.
Manado (ANTARA) - Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Edwin Silangen optimistis "Festival Bunaken" yang mulai digelar 17-20 Juli 2019 di Kota Manado mampu memikat wisatawan berkunjung ke daerah ini.

"Kami optimistis festival ini dapat menarik minat wisatawan berkunjung ke Sulut menyaksikan berbagai atraksi yang ditampilkan selama kegiatan ini," kata Sekdaprov Silangen di Manado, Rabu.

Pemprov Sulut, lanjut dia, terus mematangkan persiapan  yang telah menjadi salah satu atraksi "100 Wonderful of Event 2019" pilihan Kementerian Pariwisata RI.

"Atraksi yang ditampilkan pada Festival Bunaken akan membuat semakin banyak orang mengenal Sulut dan menghabiskan waktu lebih banyak lagi di daerah ini," sebut Silangen.

Baca juga: Sulut siap gelar 3 festival wisata 2019

Beberapa suguhan acara dalam kegiatan ini yaitu "food festival", permainan, pertunjukan musik, "liveaboard Bunaken Sail trip", kompetisi "Underwater Photography" dan triathlon.

Selain itu, tambah Silangen, Festival Bunaken juga akan menggelar "mane'e" dan turnamen memancing, "coastal cleanup" bersih-bersih pantai dan bawah laut.

Sementara itu pada acara puncak festival akan dilaksanakan pengumuman kompetisi dan penyerahan hadiah, karnaval budaya, pertunjukan musik dan acara penutupan.

Sektor pariwisata Sulut memiliki pertumbuhan tertinggi sebesar enam kali lipat atau 600 persen dalam empat tahun terakhir hingga diganjar penghargaan "The Rising Destination Of The Year 2019" oleh Kemenpar RI.

Jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Sulut ke Kota Manado pada 2015 sebanyak 20 ribu orang, tahun 2016 meningkat menjadi 40.000 orangatau dua kali lipat. Selanjutnya pada 2017 sebanyak 80.000 orang, dan  2018 meningkat menjadi 120.000 orang.

Begitu juga pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) dari sekitar 2 juta orang meningkat dua kali lipatnya atau 200 persen menjadi 4 juta orang.

Baca juga: Sebanyak 43 ribu wisman berkunjung ke Sulut

 

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Keberadaan taman nasional tingkatkan kunjungan wisatawan

Komentar