DPR AS setujui Rp63 triliun untuk tangani migran di perbatasan

DPR AS setujui Rp63 triliun untuk tangani migran di perbatasan

Anak-anak berbaris saat keluarga imigran tidak berdokumen dilepaskan dari penahanan di sebuah terminal bis di McAllen, Texas, Amerika Serikat, Jumat (22/6/2018). (REUTERS/Loren Elliott)

Washington (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat pada Selasa (25/6) menyetujui paket bantuan senilai 4,5 miliar dolar AS (sekitar Rp63 triliun) untuk menangani gelombang perpindahan penduduk di perbatasan AS-Meksiko.

Paket bantuan itu akan termasuk penerapan standar baru bagi para migran, yang berada dalam penahanan, setelah berbagai laporan muncul soal kondisi buruk yang dihadapi anak-anak di tempat-tempat penahanan yang penuh sesak.

DPR, yang dikuasai oleh Partai Demokrat, melakukan pemungutan suara dengan menghasilkan 230 dukungan berbanding 195 penolakan bagi pengesahan langkah itu. Namun, nasib rancangan undang-undang tersebut masih belum ada kepastian.

Sementara itu, Senat AS, yang dikuasai Partai Republik, sedang mengupayakan versinya sendiri soal RUU tersebut dan Presiden Donald Trump, yang berasal dari Partai Republik, telah menyatakan akan menolak pengesahan RUU itu oleh DPR.

Beberapa pejabat Gedung Putih mengatakan RUU yang disahkan DPR itu akan melumpuhkan upaya-upaya yang dijalankan pemerintah dalam menegakkan aturan di perbatasan.

Sumber: Reuters

Baca juga: Sepakati isu migrasi, Trump tangguhkan tarif terhadap Meksiko

Baca juga: Pentagon setujui 320 personel tambahan ke perbatasan Meksiko

Baca juga: Ratusan migran menuju AS gunakan kereta barang di Meksiko

Penerjemah: Tia Mutiasari
Editor: Azizah Fitriyanti
COPYRIGHT © ANTARA 2019

BP-Jamsostek lacak kepesertaan TKI Magetan

Komentar