counter

Beruk panjat kelapa masuk agenda Festival Pesona Gandoriah Pariaman

Beruk panjat kelapa masuk agenda Festival Pesona Gandoriah Pariaman

Sejumlah anak beruk di dalam kandang besi dijual di Pasar Ternak Sungai Sariak, Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar yang akan digunakan untuk memanjat kelapa oleh petani budidya kelapa. ( Antara Sumbar/Aadiaat M. S)

Pariaman, (ANTARA) - Lomba beruk panjat kelapa masuk dalam agenda Festival Pesona Gandoriah 2019 yang akan digelar Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat pada 29 Juni hingga 3 Juli 2019.

"Ini even unik dalam festival tahun ini karena biasanya dicari-cari oleh wisatawan," kata Kepala Bidang Promosi dan Kerjasama Pariwisata, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman Anwar di Pariaman, Rabu.

Ia mengatakan beruk panjat kelapa ini termasuk unik karena even seperti ini hanya ada di Padang Pariaman dan Kota Pariaman sehingga menarik untuk diangkat sebagai perlombaan serta even wisata.

Keunikan tersebut dapat menjadi potensi besar untuk menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

"Keunikan inilah yang kami jual kepada wisatawan," katanya.

Lomba beruk memanjat kelapa yang dilaksanakan pada Festival Pesona Gandoriah 2019 tersebut merupakan yang kedua kalinya, sedangkan yang pertama dilaksanakan pada 2015.

Ia menambahkan lomba yang merupakan kerja sama antara pihaknya dengan Komando Distrik Militer 0308 Pariaman tersebut akan dilaksanakan pada Minggu 30 Juni di Pantai Gandoriah.

Sebelumnya Pemerintah Kota Pariaman menjadwalkan pelaksanaan Festival Pesona Gandoriah 2019 pada 29 Juni hingga 3 Juli dengan melaksanakan delapan lomba guna menarik wisatawan ke daerah itu.

Festival ini merupakan yang ke lima kalinya kami laksanakan semenjak 2015

Delapan lomba itu yakni festival kuliner sate Pariaman, lomba selaju sampan, randai, foto objek wisata, beruk memanjat kelapa, kreativitas anak, Gandoriah fiesta, dan lagu minang.

Ia menyampaikan festival tersebut dilaksanakan di Pantai Gandoriah dengan total hadiah yang disediakan untuk delapan lomba itu mencapai Rp100 juta rupiah. 

Baca juga: Pemkot Pariaman promosikan pariwisata ke tingkat Asia Pasifik

Baca juga: Pemkot Pariaman batasi kunjungan wisatawan ke pulau

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Polisi tangkap pelaku penikaman warga Toraja di Wamena

Komentar