Kita ingin mengkomunikasikan kepada masyarakat bahwa Jasa Raharja sudah bisa memberikan pelayanan yang terbaik
Jakarta (ANTARA) - PT Jasa Raharja (Persero) meraih sertifikat ISO 20000-1:2011 perihal manajemen layanan teknologi informasi atau IT Service Management.

"Alhamdulillah pada hari ini telah diterima oleh Direktur Manajemen Risiko dan Teknologi Informasi M. Wahyu Wibowo yakni sertifikat ISO 20000-1:2011 perihal IT Service Management yang diterbitkan oleh British Standards Institution, sebuah lembaga yang biasa melakukan standarisasi berskala internasional dan juga didukung oleh konsultan Multimatics yang membantu kita untuk bagaimana memenuhi standarisasi tersebut," ujar Sekretaris Perusahaan Jasa Raharja Harwan Muldidarmawan kepada wartawan di Jakarta, Rabu.

Harwan menjelaskan bahwa tujuan standarisasi ini ialah Jasa Raharja berupaya untuk bisa bertata kelola dengan baik, di mana tata kelola yang baik tersebut harus bisa didukung oleh teknologi informasi.

"Teknologi informasi yang seperti apa? Yang pasti berstandar. Standar pertama yang kita penuhi adalah keinginan atau harapan dari stakeholder (pemangku kepentingan) kita yakni masyarakat terlebih dahulu. Masyarakat harus terlayani oleh Jasa Raharja sebagai penyelenggara program perlindungan bagi masyarakat yang menjadi korban kecelakaan lalu lintas maupun penumpang umum sudah barang tentu harus mendapatkan kepastian layanan," katanya.

Harwan menambahkan bahwa layanan yang diinginkan oleh masyarakat saat ini merupakan layanan yang berbasis teknologi informasi kekinian, dan basis dari teknologi informasi juga harus memiliki standar yang jelas.
Direktur Manajemen Risiko dan Teknologi Informasi Jasa Raharja, M. Wahyu Wibowo (keempat dari kanan) dalam sesi foto bersama usai menerima sertifikat ISO 20000-1:2011 perihal IT Service Management di Jakarta, Rabu (26/6/2019). (ANTARA/Aji Cakti)


"Dengan diraihnya sertifikasi ini kita ingin mengkomunikasikan kepada masyarakat bahwa Jasa Raharja sudah bisa memberikan pelayanan yang terbaik, tidak hanya jargon tapi bisa dibuktikan melalui program sertifikasi ISO tersebut," ujarnya.

Harwan berharap dengan diraihnya sertifikat ISO 20000-1:2011 itu otomatis memotivasi Jasa Raharja untuk bisa lebih berkreasi dan berinovasi lagi.

Sertifikat ISO 20000-1:2011 perihal IT Service Management diserahkan langsung oleh Finance Controller Director British Standards Institution Kusuma Widjaja kepada Direktur Manajemen Risiko dan Teknologi Informasi Jasa Raharja Wahyu Wibowo didampingi oleh Direktur Multimatics Agus Setiawan selaku konsultan pendamping.

Sertifikat standar ISO 20000 merupakan standar internasional untuk manajemen layanan teknologi informasi, Standar ini berisi persyaratan sistem manajemen layanan teknologi informasi yang harus dipenuhi agar layanan yang diberikan memiliki kualitas yang dapat diterima oleh masyarakat.

Sertifikasi ini juga dilakukan oleh Jasa Raharja sebagai upaya peningkatan penerapan tata kelola teknologi informasi sesuai dengan Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara yang mengatur Pengelolaan Layanan Teknologi Informasi, dimana Jasa Raharja memandang penting pengelolaan layanan teknologi informasi untuk menjaga kelangsungan operasional perusahaan.



 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019