counter

Argentina jajaki perjanjian perdagangan bebas dengan Indonesia

Argentina jajaki perjanjian perdagangan bebas dengan Indonesia

Presiden Joko Widodo dan Presiden Argentina, Mauricio Macri, bertukar cinderamata di Istana Bogor pada Rabu (26/6/2019). Presiden Jokowi mendapat buah tangan berupa kaos Timnas Argentina bertuliskan nama punggung "Jokowi" bernomor 10 sedangkan Mauricio diberikan bola buatan Majalengka, Jawa Barat bermerk Triple S. ANTARA/Bayu Prasetyo/pri

Karena ini adalah dua negara yang sangat indah, dan penuh dengan budaya
Bogor (ANTARA) - Argentina tengah menjajaki kerja sama perjanjian perdagangan bebas dengan Indonesia untuk meningkatkan kerja sama ekonomi.

"Kita juga telah membahas kerja sama Mercosur dan Indonesia untuk membuat perjanjian perdagangan bebas antara kedua belah pihak dan ini akan mempermudah apa yg kita bahas hari ini," kata Presiden Argentina Mauricio Macri saat pernyataan pers bersama di Istana Kepresidenan Bogor, pada Rabu.

Menurut Mauricio, Argentina tertarik bekerja sama di bidang perkereta-apian serta perawatan pesawat terbang.

Dia menjelaskan negaranya juga berminat terhadap produk buah segar Indonesia. "Indonesia dapat belajar untuk bidang teknologi pertanian dari Argentina supaya bermanfaat untuk kedua belah pihak," kata Mauricio.

Pemerintah Argentina juga ingin memperbaiki sistem visa sehingga interaksi masyarakat kedua negara dapat lebih terjalin.

"Karena ini adalah dua negara yang sangat indah, dan penuh dengan budaya," kata Presiden Mauricio.

Presiden Argentina menjelaskan potensi kerja sama Indonesia Argentina begitu besar dan harus dilakukan secara dua arah.

Mauricio direncanakan melakukan pertemuan dengan sejumlah pimpinan perusahaan di industri strategis nasional seperti PT Dirgantara Indonesia (PTDI), PT Industri Kereta Api (INKA), dan PT Garuda Indonesia.

Dia telah melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia selama satu hari. Ibu Negara Juliana Awada juga turut dalam kunjungan itu disambut oleh Ibu Negara Iriana Widodo.

Baca juga: Indonesia tawarkan produk industri strategis kepada Argentina

Baca juga: Presiden Argentina dapat bola "made in" Majalengka

Baca juga: Presiden nilai Indonesia-Argentina berpotensi tingkatkan kerja sama

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pemerintah dorong Batam miliki fasilitas istimewa dongkrak investasi

Komentar