counter

Motorsport

Sirkuit Bukit Peusar panaskan seri pertama Kejurnas Oneprix Indonesia

Sirkuit Bukit Peusar panaskan seri pertama Kejurnas Oneprix Indonesia

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia Sadikin Aksa (kanan) bersama Direktur PT Oneprix Motorsport Manajemen Imam Sulisto (tengah) menunjukkan kontrak ajang Kejurnas Nasional Oneprix 2019 Indonesia Motorprix Championship di Jakarta, Rabu (26/6/2019). (Antaranews/Aditya E.S. Wicaksono)

Jakarta (ANTARA) - Sirkuit Bukit Peusar, Tasikmalaya, Jawa Barat, akan mengawali gelaran Kejuaraan Nasional Oneprix - Indonesia Motorprix Championship 2019 pada 7 Juli mendatang.

Tiga kelas utama kejuaraan nasional yang akan dipertandingkan yaitu Bebek 150cc Tune up (expert), Bebek 150cc Tune up (novice), dan Bebek 150cc Standard (Rookie). Kemudian akan ada juga Oneprix Championship di kelas Sport 150cc-155cc (open qualification).

Tercatat lebih dari 100 orang peserta dari sedikitnya 45 tim dari Indonesia telah terdaftar untuk berlaga di Kejurnas Oneprix.

Jumlah peserta yang melebihi slot yang ditentukan akan membuat para pebalap bersaing lebih ketat di babak qualifying time trial untuk menentukan posisi grid start.

Hanya 24 pebalap yang lolos kualifikasi akan melangkah ke Kejuaraan Nasional Oneprix - IMC 2019 di tiap kelasnya

"Setelah berbulan-bulan persiapan dan melakukan komunikasi dengan para pakar industri, tim dan pebalap, kami tiba di hari peluncuran Oneprix seri 2019. Semoga ini menjadi langkah awal yang baik untuk dunia balap motor di Indonesia," demikian Direktur PT Oneprix Motorsport Manajemen Imam Sulisto dalam acara peluncuran di Jakarta, Rabu.

Untuk menambah antusiasme pemirsa dan pecinta olahraga motor di Tanah Air, akan digelar juga kejuaraan kelas pendukung pada setiap putaran.

Khusus di putaran pertama di Tasikmalaya ini akan digelar kelas RX King Super Class 140cc Tune up (open), Bebek Underbone 125cc Engine Mix (open) dan Matic 150cc Tune Up (open) karena banyaknya jumlah peminat dan komunitas di kelas tersebut.

Sedangkan untuk ajang Oneprix Championship dan kelas pendukung, pendaftaran baru pada 4-7 Juli 2019 melalui laman resmi www.oneprix.id.

Ketua Ikatan Motor Indonesia Sadikin Aksa mengungkapkan Kejuaraan Nasional Oneprix-Indonesia Motorprix Championship itu akan dikuti oleh pembalap yang memiliki peringkat terbaik dari Kejuaraan Regional pada tahun sebelumnya serta tahun berjalan.

Sehingga, pada musim pertamanya digelar tahun ini, Oneprix-Indonesia Motorprix Championship akan diikuti oleh pembalap yang memiliki peringkat terbaik dari Kejuaraan Regional, di mana nantinya para pembalap terbaik akan lolos ke Kejuaraan Nasional Oneprix.

"Kami harap ini menjadi titik awal jenjang pembinaan balap motor di Indonesia," kata Sadikin.

Willman Hammer, pebalap tim Bahtera, berharap ajang tersebut bisa membentuk kegiatan balap motor yang lebih profesional di Tanah Air.

"Harapannya ini dapat berjalan berkesinambungan, agar tim maupun pebalap yang akan turun di Oneprix adalah mereka yang berkualitas," kata Willman

Mengambil lokasi sirkuit di Bukit Peusar, Tasikmalaya dan Sirkuit Bung Tomo, Surabaya, Kejuaraan Nasional Oneprix-Indonesia Motorprix Championship akan digelar sekali setiap bulan pada Minggu pukul 13.00 WIB-15.00 WIB.

Berikut jadwal ajang Oneprix Indonesia Motorprix Championship seri tahun 2019:

Putaran 1 : 7 Juli 2019, Sirkuit Bukit Peusar, Tasikmalaya, Jawa Barat.
Putaran 2 : 4 Agustus 2019, Sirkuit Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur.
Putaran 3 : 1 September 2019, Sirkuit Bukit Peusar, Tasikmalaya, Jawa Barat.
Putaran 4 : 13 Oktober 2019, Sirkuit Bukit Peusar, Tasikmalaya, Jawa Barat.
Putaran 5 : 10 November 2019, Sirkuit Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur.

Baca juga: Oneprix-Indonesia Motorprix panaskan kompetisi balap motor nasional

Palembang akan jadi tuan rumah MXGP 2019

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar