Pemberian penghargaan ini diharapkan dapat mendorong munculnya produk Indonesia berbasis desain inovatif yang mendapatkan pengakuan global untuk dapat bersaing di kancah internasional
Jakarta (ANTARA) - Para pemenang ajang Good Design Indonesia (GDI) 2019 besutan Kementerian Perdagangan siap melaju pada kompetisi desain internasional G-Mark pada 30 Juli-1 Agustus 2019 di Tokyo, Jepang.

"Pemberian penghargaan ini diharapkan dapat mendorong munculnya produk Indonesia berbasis desain inovatif yang mendapatkan pengakuan global untuk dapat bersaing di kancah internasional," kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Arlinda di Jakarta, Rabu.

Pemenang GDI terbagi dalam tiga predikat, yaitu GDI of the Year, GDI Best, dan GDI. Trofi dan sertifikat untuk para pemenang tersebut diserahkan langsung oleh Arlinda, atas nama Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, di Kementerian Perdagangan, Jakarta.

Produk peraih GDI of the Year yaitu Natha dari PT Bana Andaru.

Sementara 14 pemenang GDI Best yaitu Blok Kayu Modular dari Permana, Buloo dari Saruga Package-Free, Citra dari PT Bana Andaru Nusantara, Drainage Cover dari Yanto Daryanto, Gateform C02 dari PT Centra Teknologi Indonesia, Laman Nupabomba-Rattan Campaign dari Akara Projects.

Selain itu, Mini Roaster 100 dari PT Pudak Oriental Indonesia, Motor BLDC 5 kW dari PT Pindad, Norhouse dari Aaksen Responsible Aarchitecture, OJ-KIT dari Arintha Vysistha.

Kemudian, Palamylea Watch dari Pala Nusantara X Mycotech, Reka Arm Chair dari Alfath Kurniadi, Suspension Active Stabilizator dari PR Multi Prima, dan Riool dari PT Pindad, serta Tridolbag dari Don Gunarto.

Selain itu, terdapat 15 produk yang mendapat predikat GDI. Para pemenang tersebut terbagi dalam 10 kategori yaitu furnitur dan perlengkapan rumah, peralatan rumah tangga, kesehatan dan hobi, serta perlengkapan sehari-hari.

Selanjutnya, perlengkapan dapur, mobilitas, produk untuk perawatan medis dan manufaktur, perumahan, konstruksi atau interior untuk industri fasilitas komersial dan publik, dan media, contents, package.

Arlinda menjelaskan, sebanyak Tujuh produk Indonesia berhasil meraih penghargaan G-Mark ke-62 pada 2018 lalu.

Ketujuh produk tersebut terdiri dari satu produk yang berhasil meraih G-Mark Best 20 dan enam produk pemenang G-Mark Good Design.

Produk peraih G-Mark Best 20 yaitu Sepeda Bambu, sementara produk pemenang GMark Good Design yaitu kursi lukis Armchair, Daihatsu Terios, kain bamboo Batik Stole, Dashdot Air Ventilator, arang gambar, dan Cold Drip Coffee Maker.

“Semoga tahun ini ebih banyak lagi produk Indonesia yang akan mendapatkan penghargaan di G-Mark 2019. Predikat G-Mark membuat produk Indonesia akan lebih mudah memasuki pasar global khususnya Jepang,” kata Arlinda.

Baca juga: Kemendag tambah kategorisasi produk pada ajang GDI

Baca juga: Tingkatkan daya saing ekspor, ajang "Good Design Indonesia" kembali digelar

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019