counter

Alasan Ibu hamil tak boleh konsumsi makanan mentah

Alasan Ibu hamil tak boleh konsumsi makanan mentah

Dokter spesialis kebidanan dan kandungan dari Rumah Sakit Jakarta, dr Ardiansjah Dara SpOG usai menghadiri sebuah diskusi tentang kehamilan dan parenting di Jakarta, Rabu (26/6/2019) (ANTARA News/Lia Wanadriani Santosa)

Jakarta (ANTARA) - Para perempuan yang tengah hamil sebaiknya menghindari konsumsi makanan yang mentah, terutama yang berasal dari darat, menurut dokter spesialis kebidanan dan kandungan dari Rumah Sakit Jakarta, dr Ardiansjah Dara SpOG.

"Makanan mentah yang mungkin terpapar parasit Toxoplasma harus diperhatikan dan umumnya makanan di darat," ujar dia di Jakarta, Rabu.

Toxoplasma gondii yang berasal dari kotoran kucing berisiko masuk ke tubuh manusia melalui makanan atau tumbuhan yang terkontaminasi.

Ibu hamil yang terinfenksi parasit ini bisa menularkan infeksi kepada janin melalui plasenta dan mengganggu perkembangan janinya. Pada beberapa kasus, infeksi Toxoplasma bisa menyebabkan kematian sebagian bayi yang terinfeksi.

"Makanan yang mentah itu ditakutkan ada parasit toxoplasma yang awalnya hidup di saluran cerna kucing. Dia keluar lewat kotoran kucing, di rumput, rumput dimakan sapi dan masuklah ke tubuh sapi," kata Dara.

Sayuran mentah, daging sapi yang tidak dimasak matang menjadi contoh makanan yang sebaiknya tidak perempuan hamil konsumsi.

Menurut dia, ketimbang makanan yang berasal dari darat, makanan laut atau seafood relatif lebih aman, semisal ikan salmon yang kaya protein, lalu sushi dan sashimi.

"Intinya sebaiknya hindari dulu makanan mentah yang berasal dari darat," tutur Dara.


Baca juga: Manfaat konsumsi semangka bagi ibu hamil

Baca juga: Dokter: Ibu hamil boleh minum kopi, tetapi jangan berlebihan

Baca juga: Eyelash extension kini jadi tren di kalangan ibu hamil

Menko Maritim sebut kebersihan laut pengaruhi ibu hamil

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar